Destinasi Indonesia Sulawesi

Pulau Sombori: Wisata Laut yang Memukau di Morowali, Sulawesi Tengah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Sombori merupakan salah satu destinasi wisata di daerah Morowali, Sulawesi Tengah yang dikatakan sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi seperti Labengki. Pulau ini merupakan sebuah kawasan konservasi laut dengan luas 41.342 ha yang terletak di Desa Mbokita, Kecamatan Menui Kepulauan. Letak Sombori berada di ujung timur provinsi Sulteng. Tempat ini merupakan sebuah wisata laut yang tersembunyi.

Tempat Pembuangan

pulau sombori, morowali, sulawesi tengah, tempat wisata
Pulau Sombori – Instagram @fahmiak__

Sombori dahulunya bagian dari Desa Dongkalang. Nama desa tersebut adalah Lombokita. Nama tersebut ternyata identik dengan nama sebuah perusahaan pengelola mutiara bernama PT. Lombokita yang berasal dari Lombok. Perusahaan itu beroperasi di desa tersebut. Akhirnya, masyarakat setempat mengganti nama desa menjadi Desa Mbokita, artinya nenek kita. Sebelum akhirnya berubah menjadi tempat wisata terkenal, Pulau Sombori dahulunya dianggap sebagai lokasi buangan. Tapi kini pulau ini menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi tak kurang dari 6.000 wisman juga lokal.

Baca juga:

Pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah ini, dahulunya tempat ini jarang sekali dikunjungi orang dan jadi seperti tempat buangan bagi penduduk Suku Bajo yang hidup tertutup dari dunia luar. Para nelayanlah yang dulu sering berkunjung ke Pulau Sombori. Berkat ekspose yang dilakukan Polres Morowali dan Pemkab dengan menjadikan Sombori sebagai tempat diselenggarakannya acara pemecahan rekor dunia pulau ini mendapatkan publikasi  dari media massa juga media sosial. Efeknya, kini pulau yang ada di Kabupaten Morowali ini mejadi salah satu tempat wisata yang banyak dilirik oleh wisatawan dari luar negeri. Wisatawan mulai mengenal Pulau Sambori di Morowali ketika diadakan Festival Bajo Pasakayyang yang diselenggarakan di Pulau Kaleorang ini pada tanggal 21 November 2015.

Bukit Puncak Khayangan

pulau sombori, morowali, sulawesi tengah, tempat wisata
Bukit Khayangan – Instagram @baimwidjaja

Tebing karang yang berada di kanan dan kiri menjadi pemandangan yang disuguhkan Pulau Sombori saat pengunjung memasuki wilayah tersebut. Selain itu, pemandangan lautan yang cukup berombak juga merupakan suguhan tempat wisata di Morowali, Sulawesi Tengah ini. Semakin ke dalam, wisatawan bisa menikmati laut yang indah dan tenang. Seperti halnya Raja Ampat, Sombori merupakan daerah yang terdiri dari kumpulan pulau karang yang memikat. Pulau-pulau itu tak hanya berupa karang saja tapi ada beberapa pulau tersebut yang ditumbuhi pepohonan yang cukup rimbun yang menjadi tempat bertenggernya burung-burung. Bukit Puncak Khayangan adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan pulau ini. Jika berminat untuk memanjat bukit ini, pengunjung akan menaiki tebing terjal dan tak ada daratan datar untuk berpijak.

Aquarium Point

pulau sombori, morowali, sulawesi tengah, tempat wisata
Pulau Dua Laut – Instagram @djoeeeee

Memiliki pemandangan laut yang mengagumkan membuat Pulau Sombori tempat yang tepat untuk snorkeling. Pengunjung bisa menyaksikan beragam binatang karang yang memiliki bermacam bentuk dan warna di Aquarium Point, yaitu titik selam terbaik, yang berada di Pulau Dua Laut. Sajian lainnya adalah pasir putih yang menghampar indah. Wisatawan juga bisa menyaksikan rombongan hiu paus atau lumba-lumba yang sedang mengejar ikan jika beruntung.

Pulau Koko

pulau sombori
Pulau Koko – Instagram @suncaysun

Jika ingin menikmati pantai, singgahlah di Pulau Koko. Pulau di Provinsi Sulawesi Tengah ini terkenal akan lambaian pohon kelapanya. Kejernihan airnya membuat ikan-ikan yang berenang menjadi nampak jelas. Selain pantai, hal lain yang bisa dinikmati di Pulau Sombori adalah Gua Berlian. Gua ini memiliki ketinggian kira-kira 10 mdpl. Pengunjung harus memanjat tebing dengan kemiringan 70-80 derajat untuk sampai di tempat ini.

Suku Bajo

Suku Bajo – Instagram @my_destination.id

Menyaksikan kehidupan suku Bajo bisa menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke Pulau Sombori yang ada di Morowali. Suku yang dikenal sebagai pelaut yang tangguh tersebut hidup di pulau ini. Pengunjung dapat melihat bagaimana mereka hidup sehari-hari, bahkan belajar berenang dari mereka yang mahir menyelam tanpa memakai alat apapun.

Akses Menuju Sombori

Untuk sampai ke pulau yang ada di Morowali ini, wisatawan bisa masuk lewat Kendari, Sulawesi Tenggara. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan darat atau laut. Jalur darat menghabiskan waktu sekitar 5-6 jam untuk sampai di Kota Lafei Morowali. Satu jam lagi dilanjutkan dengan naik perahu menuju Pulau Kaleroang.  Jika menggunakan jalur laut dengan kapal niaga, perjalanan akan menghabiskan sekitar setengah hari. Apabila ditempuh dengan speedboat, akan memerlukan waktu sekitar 4-5 jam.

Tertarik untuk mengintip keindahan bawah laut Pulau Sombori?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.