Kuliner

Mencicipi 4 Destinasi Kuliner Legendaris di Dekat Gedung Sate Bandung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kota Bandung seolah tidak pernah habisnya menyajikan berbagai hidangan yang membuat para pecinta kuliner nusantara ketagihan. Tidak jarang wisatawan dari luar kota ini sengaja datang hanya untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya. Salah satu tempat yang kerap ramai dikunjungi banyak orang, baik warga lokal atau warga dari luar Bandung, adalah Gedung Sate. Nah disekitaran gedung ikonik ini terdapat beberapa tempat kuliner legendaris yang wajib kamu kunjungi. Lantas selegendaris apa sih tempat kuliner itu? Berikut ini ulasannya!

Baca Juga:

Roti Gempol

roti gempol destinasi kuliner legendaris kota bandung di sekitar gedung sate
Source: instagram.com/save.our.tummy

Destinasi kuliner legendaris ini sudah berdiri sejak 1950-an dan berlokasi di Jl. Gempol Wetan No. 14. Kalau dari Gedung Sate kamu perlu berjalan kaki untuk bisa sampai di sana. Berbeda dari kios roti bakar lainnya, Roti Gempol memproduksi rotinya sendiri dan nantinya akan diolah menjadi roti bakar yang menggugah selera. Rotinya sendiri ada dua varian, yaitu roti tawar dan gandum. Sedangkan untuk rasa, kamu bisa memilih varian manis dari selai cokelat, srikaya, susu, kacang, stroberi, dll. Untuk yang asin ada rasa daging, telur, dan keju. Kamu boleh kok mencapur isiannya maksimal dengan tiga varian saja. Oh ya, terdapat juga dua macam porsi roti, yaitu porsi untuk sendiri dengan isi empat potong roti tawar lalu ada juga yang porsi ririungan atau bareng-bareng yang bersisi 10 potong roti.

Kupat Tahu Gempol

kupat tahu gempol kuliner legendaris di dekat gedung sate
Source: instagram.com/dhanysoepardi

Kalau yang tadi rotinya, sekarang kita akan membahas tentang destinasi kuliner yang menyajikan menu sarapan favorit orang Bandung. Destinasi tersebut adalah Kupat Tahu Gempol. Lokasinya juga tak jauh dari Gedung Sate dan bisa ditempuh hanya dalam waktu lima menit dengan berjalan kaki. Tidak jauh berbeda dari kupat tahu biasa, Kupat Tahu Gempol menyajikan potongan ketupat yang ditambahkan tahu goreng dan tauge rebus lalu disiram dengan bumbu kacang. Tetapi yang unik terdapat pada kerupuknya berwarna merah dan terasa seperti terasi. Selain kupat tahu, destinasi kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1965 ini juga menyajikan lontong kari yang tak kalah enaknya.

Cuanki dan Batagor Serayu

kuliner khas kota bandung di dekat gedung sate
source: instagram.com/baksoclubid

Kalau kamu berkunjung ke Kota Bandung, tidak akan sulit menemukan kuliner cuanki yang sebenarnya agak mirip dengan baso Malang. Tetapi, yang paling terkenal adalah Cuanki dan Batagor Serayu. Destinasi kuliner legendaris di Kota Bandung ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Seperti kebanyakan cuanki lainnya, cuanki yang disajikan di Serayu juga berisi pangsit, baso goreng, baso, siomay, dan tahu putih berisi aci. Untuk mencicipi cuanki di sini, kamu hanya perlu berjalan sekitar 15 menit. Lokasinya sendiri berada di dekat Taman Pramuka.

Sate Jando

sate jando
source: instagram.com/kulinerbandung

Destinasi kuliner legendaris ini berlokasi di trotoar belakang Gedung Sate. Tempat ini pun punya banyak penggemar, makanya jangan heran kalau kamu ke sana pasti menemukan antrean panjang. Sesuai dengan namanya, sate jando terbuat dari jando yang dalam Bahasa Indonesia berarti lemak atau gajih yang diambil dari sapi. Teksturnya kenyal namun tetap empuk. Bahan dasar inilah yang membuat Sate Jando menjadi istimewa. Rasa gurih dari sate ini terletak pada bumbu rahasia yang dikombinasikan dengan rasa manis yang berasal dari bumbu kacangnya. Sebagai pelengkap, potongan lontong juga ditambahkan ke dalam hidangan sate.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.