Destinasi Indonesia Jawa

Curug Citambur, Tempat Wisata di Cianjur yang Memukau

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berbicara Tempat wisata di Cianjur, orang sepertinya akan teringat dengan salah satu objek wisatanya yang menghebohkan karena dianggap sebagai piramida. Umurnya diperkirakan lebih tua dari Piramida Giza. Selain Gunung Padang yang masih jadi pembicaraan hangat, Kabupaten Cianjur juga memiliki objek wisata lain yang juga menarik, yaitu Curug Citambur. Bagi kamu yang tinggal di daerah Bandung atau Jakarta dan perlu berlibur ke tempat wisata terdekat, Curug Citambur bisa menjadi pilihan. Sebelum pergi, ada baiknya kamu mengenal dahulu destinasi tujuanmu ini.

Keindahan Alam

tempat wisata di Cianjur, curug citambur, tempat wisata, wisata terdekat
Instagram @yogihadijaya

Curug Citambur yang merupakan tempat wisata di Cianjur ini menyajikan pemandangan alam yang indah serta suasana petualangan. Kabut yang menyelimuti Curug Citambur membuat udara di tempat ini jadi terasa sangat dingin. Karena keindahannya itu, curug atau air terjun di Cianjur ini dikatakan sebagai surga tersembunyi. Meskipun ketinggian curug ini tak sama seperti Curug Ngebul, soal pemandangan alamnya boleh dibandingkan. Bahkan boleh dikatakan curug ini lebih sejuk dan hijau. Untuk bisa menikmati keeksotisan panoramanya, kamu harus datang saat pagi hari.

Mitos Curug Citambur

Seperti beberapa tempat wisata di Indonesia yang selalu berkaitan dengan mitos, Curug Citambur pun memiliki mitosnya sendiri. Ada dua versi mitos mengenai nama curug ini. Mitos pertama mengatakan bahwa ada suara “berdebum” dengan irama seperti tambur yang dipukul. Karena volume air yang jatuh cukup besar ditambah kolamnya luas sehingga suara air jatuh terdengar seperti alat musik tabuh yang dipukul terus-menerus.

tempat wisata di Cianjur, curug citambur, tempat wisata, wisata terdekat
Instagram @travelshares

Mitos kedua, nama Citambur berkaitan dengan mitos yang berkembang di masyarakat. Konon menurut cerita lokasi Curug Citambur merupakan daerah Kerajaan Tanjung Anginan dahulunya dengan penguasanya bernama Prabu Tanjung Anginan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pusat kerajaan tersebut berada di Pasirkuda karena di sana ditemukan batu dengan bentuk seperti kursi. Masyarakat percaya kalau batu tersebut dulunya adalah tempat duduk sang raja. Selain itu, mereka percaya kalau sang raja sering mandi di curug tersebut. Ketika datang dia selalu bersama rombongan kerajaan. Para pengiring tersebut mengiringi sang raja dengan suara tetabuhan dari tambur. Suara tetabuhan itu terdengar berdebum dan terdengar sampai jarak yang cukup jauh. Ketika mendengar suara debum itu, mereka mengenalinya sebagai suara dari rombongan raja dan pengawalnya yang sedang berjalan ke arah curug.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun tempat wisata di Cianjur ini masih alami, fasilitas yang ada di sini lumayan lengkap dari musala hingga toilet. Kalau lapar di sini ada juga kedai makanan. Untuk yang membawa kendaraan, terdapat area parkir yang luas.

Baca juga:

Curug Malela, Objek Wisata Alam Bandung Barat yang Menawan

Liburan Seru ke Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng, Yuk!

Wisata Bandung Selatan, Tempat Wisata Asyik untuk Akhir Pekan

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Citambur, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp3.000. Harga tiket masuk akan berubah-ubah jadi cek terlebih dahulu untuk tahu harga terbaru. Kalau membaya kendaraan, pengunjung dikenakan tarif parkir untuk motor sebesar Rp3.000, mobil Rp5.000 dan bus Rp10.000.

Tempat wisata terdekat dari kota Bandung dan Jakarta ini memang indah alamnya. Jadi kalau kamu penyuka petualangan, pasti tak akan melewatkan untuk datang ke Curug Citambur.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.