Kuliner

Berkenalan dengan 4 Makanan Khas Korea Utara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Meskipun termasuk negara yang tertutup, Korea Utara memiliki banyak sisi menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah makanan khas yang kerap kali dikonsumsi oleh penduduk lokal. Sebenarnya, negara ini memiliki beberapa kesamaan dari segi kuliner dengan negara tetangganya, yaitu Korea Selatan. Kedua negara ini sama-sama memiliki kimchi sebagai salah satu kuliner wajib santap. Lantas apa lagi nih kuliner khas negara tetangga Korea Selatan yang perlu pecinta kuliner ketahui? Dari sekian banyak makanan khasnya, tim Holamigo memilihkan empat khusus untuk kamu. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Injo Gogi Bap

Image source: thedailymeal.com

Makanan khas ini bisa dibilang cukup unik karena diolah dari makanan sisa yang dicampur dan digulung menjadi satu. Tetapi, jangan khawatir! Makanan sisa yang digunakan masih berkualitas baik dan layak dikonsumsi kok. Bentuknya hampir mirip sosis, hanya saja warnanya hitam. Sebagai penambah cita rasa, masyarakat Korea Utara biasanya menyantap injo gogi bap bersama saus yang pedas atau kari.

Oh ya, ada sejarah menarik yang perlu kamu ketahui mengenai injo gogi bap yang sudah ada sejak tahun 1990-an. Semuanya berawal dari bencana kelaparan yang melanda Korea Utara di tahun tersebut. Karena masyarakatnya gemar menyantap daging namun kondisi tidak memungkinkan, akhirnya mereka membuat daging jadi-jadian dari minyak dan pasta kacang kedelai yang dicampur dengan nasi dan saus cabai kemudian digulung menjadi satu.

Pyeongyang Naengmyeon

makanan khas korea utara
Image source: cheatsheet.com

Disebut juga sebagai pyeongyang cold noodle dan dianggap sebagai sajian klasik khas Korea Utara. Sesuai dengan namanya, bahan dasar kuliner ini adalah mie yang terbuat dari gandum hitam dan disajikan bersama kaldu bening yang telah didinginkan. Sebagai pelengkap, ditambahkan juga potongan daging, telur, kecap, mustard, dan saus pedas. Khusus penyuka sayuran, pyeongyang naengmyeon semakin sedap bila ditambah lobak, kol, dan timun.  Ada tradisi yang mewajibkan pasangan pengantin baru di negara ini untuk mengonsumsi pyeongyang naengmyeon. Pasalnya, masyarakat percaya bahwa tradisi ini dapat membuat hubungan pernikahan tetap awet dan harmonis.

Soondae

Image source: @rebecca_chews_nyc

Yang satu ini memiliki bentuk serupa injo gogi bap. Yang membedakan ialah bahan dasarnya, yaitu usus kecil sapi atau babi. Bahan utamanya diolah bersama jahe, biji wijen, dan ditambahkan sedikit darah segar dari sapi atau babi. Cara pengolahannya bisa dikukus atau direbus. Warnanya sangat gelap dan bisa dibilang soondae merupakan sosis khas Korea Utara. Kabarnya, resep pembuatan soondae ditemukan dalam buku resep peninggalan Dinasti Joseon pada abad ke-19.

Yubu Chobap

Image source: @purebake_

Sering disebut juga tofubap, hidangan khas Korea Utara ini berbahan dasar tofu yang diberi isian olahan nasi dengan daging dan cabai. Yubu chobap mirip dengan olahan khas Korea Selatan yang disebut  kimbap dan juga termasuk street food yang digemari masyarakat lokal.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.