Kuliner

5 Inspirasi Olahan Telur Khas Jepang yang Bisa Kamu Coba

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki berbagai macam olahan telur yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Tetapi kalau kamu bosan dengan hidangan berbahan dasar telur dari dalam negeri, kamu bisa kok mencoba inspirasi menu yang berasal dari negara lain, contohnya Jepang. Negeri Sakura memiliki keragaman kuliner yang menggugah selera, salah satunya olahan berbahan dasar telur yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah. Apa saja hidangannya?

Oyakodon

olahan telur khas jepang
Image source: @lina_over

Olahan telur khas Jepang yang pertama adalah oyakodon. Hidangan ini menggunakan telur sebagai bahan utama yang dicampur dengan potongan ayam dan bawang bombay. Oyakodon termasuk dalam menu donburi atau dikenal juga dengan hidangan nasi yang disajikan dalam mangkung (rice bowl).  Cara membuat hidangan ini pun terbilang mudah. Campuran dashi (sejenis kaldu), mirin (arak beras), bawang bombay, telur, ayam, dan kecap asin dimasak hingga mendidih dan matang. Setelah telur dan ayam matang dan kuah menyusut, tinggal tambahkan potongan daun bawang dan kemudian disajikan dengan nasi hangat.

Chawanmushi

chawanmushi olahan telur khas jepang
Image source: @elynandbear

Olahan telur ini biasanya disajikan sebagai menu pembuka, tapi tak jarang juga orang Jepang menyantapnya sebagai hidangan utama. Chawanmushi terbuat dari campuran telur yang dikukus bersama sayuran hijau, wortel, dan jamur. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok juga dijadikan makanan balita.

Tamagoyaki

Image source: @justonecookbook

Tamagoyaki merupakan olahan telur yang dikocok dan dilipat menjadi beberapa lapis. Sekilas memang mirip telur dadar yang digulung, tapi yang membedakannya ialah tambahan krimer, keju, atau nori (rumput laut)  di bagian tengah tamagoyaki. Bahan tambahan tersebut yang membuat tamagoyaki lebih lezat dan menjadi salah satu hidangan favorit orang Jepang. Tetapi, ingat ya, untuk memasak telur ini, gunakan api kecil agar teksturnya lebih lumer dan lembut.

Tamago Kake Gohan

Image source: @taylorkolasinski

Karena orang Jepang sering mengonsumsi telur, tidak aneh jika negara ini memiliki beragam olahan telur, dari mulai yang matang hingga mentah. Salah satunya adalah tamago kake gohan yang menggunakan telur mentah sebagai bahan utamanya. Telur mentah tersebut dicampur dengan rumput laut dan dashi lalu dihidangkan bersama nasi. Membuatnya pun sangat mudah dan cepat, yaitu kurang dari 5 menit.

Omurice

Image source: @ig.120220pn

Jika berbicara olahan telur khas Jepang, belum lengkap rasanya tanpa membahas omurice atau omelet rice. Nasi goreng khas Jepang ini dibalut oleh telur dadar dan dibentuk semi oval. Saat kamu membelah omurice, lelehan telur akan tercampur bersama nasi goreng. Nasi goreng ini menggunakan saus khas yang terdiri dari kecap inggris, saus tomat, kecap manis, dan saus tiram. Saus tersebut dicampur dengan mentega tawar dan dikentalkan dengan menggunakan tepung terigu. Saus tersebut akan menjadi pelengkap omurice dan menambah cita rasa hidangan ini.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.