Destinasi Indonesia Sulawesi

Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah, Calon Desa Wisata di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Desa Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah adalah sebuah wilayah yang termasuk dalam kategori kawasan 3T, yaitu Terpencil, Tertinggal, dan Terluar.  Jumlah kepala keluarga yang mendiami wilayah ini ada 100 KK. Jumlah penduduk di sini kira-kira 500 orang dan mereka beragama Islam. Mbuang-Mbuang bisa menjadi calon desa wisata yang menawarkan ekowisata bahari jika sudah memiliki fasilitas yang lengkap.

Di desa ini penduduknya selain bertani dan menghasilkan ubi, sayuran juga rempah, mereka juga bekerja di laut sehingga banyak ditemukan gurita, lobster dan rumput laut. Objek wisata di sini berupa pantai, pulau dan danau. Jika desa ini menjadi desa wisata, mungkin seperti Bahoi di Likupang atau Sawai di Seram karena daerahnya cocok untuk wisata diving dan snorkeling karena dunia bawah lautnya indah sekali. Yang paling unik tentunya danau dengan ubur-bur tanpa sengat seperti di Danau Kakaban.

Kira-kira apa saja yang bisa dinikmati di desa Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah? Inilah paparannya, simak ya.

Danau Paisu Batongan

mbuang-mbuang sulawesi tengah
Image Source @budiarto_r_sualang

Ini adalah danau ubur-bubur terbesar ketiga di dunia. Selain di Derawan, Togean juga Komodo, ubur-ubur di Paisu Batongan juga sama tidak menyengat dan tidak beracun. Karenanya pengunjung dapat berenang dengan hewan imut ini tanpa takut akan tersengat.

Karang Timbul Pantai Kalambina

desa wisata
Image Source @real_1602

Mengapa dinamakan karang timbul? Itu karena karang ini akan muncul terlihat di pantai saat laut sedang surut. Ketika air surut, pengunjung dapat menikmati bermain di pantai. Inilah objek menarik di Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah yang mirip dengan di desa wisata lainnnya.

Bukit Popisi

ekowisata
Image Source @vidi_sehat

Begitu wisatawan melihat pemandangan dari bukit ini, pasti akan langsung teringat dengan Raja Ampat. Ya, itu karena pemandangan pulau-pulaunya sama seperti yang ada di objek wisata Papua tersebut. Untuk bisa naik di bukit yang ada di Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah ini, wisatawan harus tracking dahulu.

Pulau Pepelan

mbuang-mbuang sulawesi tengah
Image Source @budiarto_r_sualang

Warga di Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah biasa menyebutnya dengan nama Pulau Lampu. Di tempat ini terdapat sebuah mercusuar untuk memberikan penanda bagi kapal-kapal besar yang melintas di sekitar desa. Bisa juga wisatawan menaiki mercusuar tersebut tapi harus hati-hati karena anginnya lumayan kencang.

Pantai Pingo

desa wisata
Image Source @udiarto_r_sualang

Seperti pantai-pantai di desa wisata yang menawarkan ekowisata bahari, Mbuang-Mbuang Sulawesi Tengah juga menawarkan keindahan pantai, salah satunya Pantai Pingo. Di sini pengunjung dapat menikmati laut dengan ombak yang tidak terlalu besar dan pasir putih yang membentang. Oh iya, di pantai ini kamu bisa posting langsung fotomu karena terdapat sinyal handphone.

Homestay

ekowisata
Image Source @budiarto_r_sualang

Untuk tiba di Mbuang-Mbuang perlu naik kapal dan transit beberapa kali tapi semua akan terbayarkan dengan keindahan alamnya. Di sini tak ada hotel atau resort tapi bisa homestay di rumah-rumah penduduk.

Baca juga:

6 Objek Wisata Pantai di Pulau Rote yang Menjadi Incaran Wisatawan

Dera Rindu Pulau Derawan

Rasanya Indonesia tidak akan kehabisan surga-surga tersembunyi dengan segala keindahannya. Salah satu tempat yang juga bisa dijadikan desa wisata yang menawarkan ekowisata bahari ini adalah Mbuang-Mbuang. Penasaran ingin menyaksikan langsung keindahan yang mirip Raja Ampat ini?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.