Kuliner

Yuk Wisata Kuliner ke Kebumen dengan Mencicipi 4 Makanan Khas Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia bukan hanya memiliki suku dan budaya yang beragam, tapi juga cita rasa kuliner tiap daerah yang tak kalah menariknya untuk dibahas. Salah satu daerah di tanah air yang menawarkan cita rasa kuliner khas adalah Kebumen yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis, Kebumen berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Karena itulah wilayah ini memiliki banyak pantai yang indah dan ombak yang gahar. Nah, kalau dalam waktu dekat kamu ingin berkunjung ke daerah ini, tidak ada salahnya juga sambil wisata kuliner dengan mencicipi makanan khas daerah ini. Contohnya ada empat makanan berikut yang bisa kamu coba saat ada di sana:

Yutuk Goreng

yutuk goreng makanan khas kebumen
source: budaya-indonesia.org

Kalau berkunjung ke pantai di Kebumen, kamu pasti akan menemukan hewan laut yang mirip dengan undur-undur. Nah itulah yang disebut yutuk. Hewan yang habitatnya di pesisir pantai ini mudah ditemukan di Pantai Petanahan. Ternyata yutuk juga bisa diolah menjadi makanan khas yang patut dicoba lho! Biasanya hewan laut ini diolah sebagai rempeyek atau disebut juga yutuk goreng. Kalau kamu ingin mencobanya, pedagang di sekitar pantai banyak yang menjualnya.

Sate Ambal

sate ambal makanan khas kebumen, jawa tengah
source: instagram.com/pesona_dasar_samudra

Kalau ini merupakan sate legendaris yang berasal dari Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Penampilannya memang mirip sate Madura, tapi yang membedakan adalah bumbunya. Jika sate Madura menggunakan sambal kacang, kalau sate Ambal menggunakan sambal tempe yang dicampur bersama jahe dan rempah lain. Penggunaan sambal tempe tetap membuat rasa sate Ambal gurih dan lezat, tak kalah nikmatnya dengan sate Madura atau sate jenis lain.

Baca Juga:

Jipang Kacang

jipang kacang khas kebumen
source: foodnesia.net

Kebumen punya makanan khas yang pas dijadikan sebagai oleh-oleh, yaitu jipang kacang. Camilan manis yang satu ini sudah ada sejak lama dengan rasa yang tetap otentik dan konsisten. Jipang Kacang terbuat dari campuran gula jawa, kacang, dan minyak sayur. Teksturnya akan terasa lengket saat digigit namun pastinya terasa nikmat. Kalau kamu pecinta kuliner manis, jangan sampe melewatkan untuk mencicipi jipang kacang ini ya!

Lanting

lanting
source: tandaseru.id

Satu lagi oleh-oleh khas Kebumen yang cocok dijadikan sebagai buah tangan. Dikenal dengan sebutan lanting, makanan ringan yang lezat ini berbahan dasar singkong dan tepung kanji. Dulunya sih rasa lanting tidak begitu bervariasi. Tetapi sekarang, selain rasa original atau bawang, lanting juga memiliki varian rasa lain seperti pedas, keju, jagung bakar, dll. Sekali mencoba makanan khas ini, pasti akan bikin kamu ketagihan deh!

Baca Juga:

 

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.