Kesehatan Kuliner

Yuk Ngemil Sehat dengan Konsumsi 5 Sayuran Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu sedang memulai hidup sehat, kebiasaan ngemil kamu pun akan berganti menjadi ngemil sehat, kan? Tetapi, terkadang sulit juga untuk memilih camilan seperti apa yang dianggap sehat dan baik untuk tubuh kamu. Sebenarnya ada banyak bahan makanan yang sehat dan bisa kamu jadikan sebagai camilan sehatmu, salah satunya adalah sayuran. Kandungan gizi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran tentunya akan membuat tubuh kamu semakin sehat dan bugar. Lantas sayuran apa sih yang pas untuk dijadikan camilan sehat kamu?

Bayam

ngemil sehat dengan bayam
Image source: @
eden_hope_garden

Bayam kaya akan vitamin A dan K serta zat besi, serat, mineral, dan antioksidan. Kandungan yang terkandung dalam bayam tentu dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh melalui proses peredaran darah. Kalau kamu sedang diet, sayuran ini bisa kamu jadikan makanan pendamping nasi. Kamu bisa mengolahnya menjadi sayur bening dan tumis. Bayam juga bisa dijadikan bahan tambahan pasta yang sehat lho! Sebagai menu ngemil sehat kamu, coba deh bikin smoothie bayam. Dijamin diet kamu akan sukses kalau rutin mengonsumsi sayuran tersebut.

Selada

leaf lettuce, jenis selada populer di Indonesia
Image source: @miurayou819

Selada dikenal sebagai sayuran rendah kalori dan karbohidrat. Tak heran bila kamu ingin ngemil sehat, sayuran ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selada mengandung vitamin B, kalsium, kalium, folat, zat besi, dan serat. Dengan mengonsumsi selada secara rutin, berat badan kamu akan terkontrol dan kamu pun akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Selain dikonsumsi mentah, selada juga dapat diolah menjadi tumis, rujak, dan jus.

Brokoli

Image source: @asophieacker

Brokoli mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin A, vitamin K, serat, dan karotena. Kamu pun bisa ngemil sehat dengan mengonsumsi sayuran hijau yang kaya manfaat ini. Serat yang tinggi dalam brokoli akan membuatmu kenyang lebih lama sehingga diet kamu akan lebih cepat membuahkan hasil. Bukan hanya dapat membantu program diet kamu, mengonsumsi brokoli juga dapat membantu tubuh melawan berbagai jenis penyakit, seperti paru-paru dan kanker perut. Oh ya, saat merebus brokoli untuk dikonsumsi, sebaiknya setengah matang saja agar kandungan seratnya tidak berkurang atau hilang. Selain direbus, kamu bisa mengolah brokoli sebagai sup, tumis, salad, jus, dsb.

Wortel

Image source: @putridwiadhitya_

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, wortel juga bisa jadi sayuran untuk ngemil sehat kamu. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi dalam wortel sangat penting  karena dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Proses diet kamu pun akan terbantu dengan rutin mengonsumsi sayuran ini.

Tomat

Image sources: @mygardeningstories

Tomat memiliki serat yang tinggi sehingga dapat memangkas timbunan lemak dalam tubuh kamu. Sayuran ini juga mengandung vitamin A dan K yang dapat menstabilkan tekanan darah serta berfungsi sebagai antioksidan. Tidak salah kan kalau tomat bisa menjadi teman ngemil sehat kamu?

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.