Kuliner

Yakin Makanan Sehat Gak Akan Bikin Gemuk? Baca Dulu Fakta Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak orang yang beranggapan makanan sehat tidak akan membuat gemuk. Padahal makanan jenis ini pun bila dikonsumsi berlebihan bisa membuat badan kamu melar lho! Memang sih hidangan yang sehat memiliki kandungan nutrisi penting untuk tubuh, tapi tetap saja ada lemak dan kalori yang terkandung di dalamnya. Lantas apa sih makanan yang dianggap sehat tapi menggemukan? Menurut Healthline dan Health, ini nih makanan yang sehat tapi bikin gemuk:

Cokelat Hitam

makanan sehat yang bikin gemuk
Image source: eatthis.com

Cokelat hitam yang memiliki kandungan kakao 70% sebenarnya kaya akan antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, cokelat hitam juga memiliki serat, magnesium, dan gizi mikro yang baik untuk tubuh. Tidak heran bila cokelat hitam dianggap sebagai makanan sehat dan banyak dikonsumsi saat sedang diet. Tetapi, sebenarnya dalam setiap 100 gram cokelat hitam terdapat 600 kalori. Bila dikonsumsi berlebihan, tentu saja akan membuat kamu gemuk.

Nasi

image source: Delish.com

Menjadi makanan pokok di Indonesia, nasi merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, hal tersebut tidak menjadikan nasi sebagai makanan sehat. Faktanya, dalam satu cangkir nasi mengandung 43 gram karbohidrat, 190 kalori, dan lemak. Belum lagi nasi juga bisa meningkatkan selera makan karena kandungan karbohidrat yang dimilikinya merupakan jenis karbohidrat simple atau karbohidrat yang cepat dicerna sehingga membuat kamu lapar lebih cepat. Bila terlalu berlebihan mengonsumsinya, nasi bisa bikin berat badan kamu naik secara signifikan lho!

Salad

makanan sehat salad bisa bikin gemuk lho
Image source: pinchandswirl.com

Bila kamu mengonsumsi salad yang hanya berisi buah-buahan dan sayuran, kalori yang terserap hanya sedikit dan tidak akan membuat kamu gemuk. Yang menjadikan makanan sehat ini memiliki kalori tinggi yaitu penambahan dressing yang berupa susu, keju, dan mayonnaise dalam jumlah yang berlebihan. Dressing tersebut bisa menambah kalori salad hingga berkali lipat dan membuat kamu cepat gemuk juga.

Alpukat

Image source: @seputar_bibittanaman_dan_pupuk

Tidak semua buah dianggap sebagai makanan sehat. Contohnya adalah alpukat. Buah ini dikenal sebagai buah yang memiliki kalori tinggi dan akan menyebabkan berat badan naik bila dikonsumsi berlebihan. Dalam satu buah alpukat besar saja terdapat 322 kalori, 17 gram serat, dan 29 gram lemak. Terlepas dari kandungan kalorinya yang tinggi, alpukat juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti serat, vitamin, dan mineral. Hanya saja jangan terlalu banyak mengonsumsinya agar tidak membuatmu gemuk.

Kacang-kacangan

Image source: medicalnewstoday.com

Kalau sedang diet, terkadang kamu memilih kacang-kacangan sebagai alternatif camilan sehat, kan? Makanan yang dianggap sebagai makanan sehat ini memang memiliki vitamin E,  omega-3, protein, dan serat yang tinggi. Tetapi, kacang-kacangan juga sebenarnya memiliki kalori yang tinggi. Misalnya dalam ¼ cangkir kacang almond, kalori yang akan diserap tubuh sekitar 132 kalori. Bila mengonsumsi kacang-kacangan tanpa kontrol, berat badan kamu bukannya turun malah naik.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.