Destinasi Indonesia Sulawesi

Nikmati Wisata Bahari Sulawesi Tenggara di Wakatobi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wakatobi sudah terkenal sampai ke mancanegara. Wisata bahari Sulawesi Tenggara ini memiliki keindahan alam bawah laut yang memang tak perlu diragukan lagi. Bagi penyuka diving atau snorkeling, tempat ini adalah surganya. Keanekaragaman biota lautnya dan terumbu karangnya yang berwarna-warni menambah indahnya dunia bawah laut Taman Nasional Wakatobi.

Apakah kamu pernah berpikir bahwa Wakatobi adalah nama sebuah pulau? Jika kamu berpikir seperti itu, kamu tidak sendirian. Sebenarnya nama Wakatobi diambil dari nama empat pulau, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, lalu Tomonia dan Binongko. Jadi Wakatobi adalah nama gabungan empat pulau. Bagi kamu yang ingin mengeksplorasi tempat wisata bahari Sulawesi Tenggara ini, berikut nama-nama destinasi liburan yang tak boleh kamu lewatkan.

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
Taman laut di Wakatobi | Image Source Flickr.com/Roberta Cipressi

Tempat yang harus kamu kunjungi jika berkunjung ke destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara  adalah Taman Nasional Wakatobi. Ada banyak biota laut yang penghuni taman nasional ini. Menurut UNESCO dari 850 spesies koral, 750 spesies dimiliki taman laut ini. Selain itu, bermacam-macam karang dan biota laut yang tidak ada di tempat lain ada di sini.

Pulau Runduma

Wisata bahari sulawesi tenggara
Pulau para penyu | Image Source TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi

Daerah berpasir putih ini merupakan surga bagi para hewan bercangkang. Di sini, hewan-hewan purba ini dapat hidup bebas dan beranak-pinak hingga membentuk koloni  tanpa ada gangguan dari Manusia. Letak Runduma berada di tengah Laut Banda. Penyu-penyu suka bertelur di wilayah yang tak berpenghuni ini hingga akhirnya tempat ini jadi lokasi kawasan konservasi bagi hewan-hewan ini. Para pengawas dari taman nasionallah yang mengawasi perkembangbiakan para penyu tersebut.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

wakatobi
Taman padang savana dan hutan mangrove | Image Source @ayungga83

Jika sudah puas bermain di air bersama ikan-ikan dan melihat keindahan terumbu karang, kamu bisa mencoba liburan ke tempat selain destinasi wisata bahari. Cobalah datang ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang ada di Wakatobi. Luas area taman ini adalah 1.050 km2.  Kamu akan menemukan hamparan savana serta hutan mangrove. Untuk para penggemar berkemah dan pemandangan langit malam, jangan lewatkan untuk menginap di sini dan saksikan lautan bintang-bintang di langit malam.

Air Terjun Moramo

wisata bahari sulawesi tenggara
Air terjun bertingkat | Image Source @rahmadladae_activity

Wakatobi juga memiliki air terjun yang memiliki ketinggian kira-kira 100 meter. Ini adalah air terjun berundak yang memiliki lebih dari 7 tingkatan utama dengan 60 tingakatan kecil. Di sini juga terdapat kolam-kolam alami dengan batu granit sebagai landasannya. Tentunya kamu bisa berenang di kolam-kolam tersebut. Buih-buih air yang mengalir pun memancarkan warna yang berwarna-warni. Indah bukan?

Goa Kontamale

Taman Nasional Wakatobi
Wisata goa | Image Source flickr.com/Elizabeth L. Sarri

Wisata Bahari Sulawesi Tenggara ini juga memiliki sebuah goa yang memikat bernama Goa Kontamale.  Tempatnya bisa diakses dengan motor atau mobil. Dari pusat kota Wanci atau Wangi-wangi jaraknya sekitar 15 menit. Di dalamnya ada mata air, stalagmit dan stalaktit. Airnya yang berwarna biru jernih memikat siapapun yang melihatnya.

Danau Sombano

taman nasional wakatobi wisata bahari sulawesi tenggara
Danau berair jernih yang eksotis | Image Source @bramsakti

Spot wisata ini berada di tengah-tengah wilayah Hutan Bakau Pualau Kaledupa. Air yang mengisi danau ini begitu jernih dan semakin eksotis dengan kehadiran bermacam-macam flora dan fauna, seperti beragam spesies pandan, angrek, dan bakau.

Baca juga liburan ke Pulau Saparua di Maluku

Tanggal 11-13 November 2019 akan diadakan festival Wakatobi Wave. Beragam atraksi budaya bahari dari semua pulau yang ada di Wakatobi akan ditampilkan di acara ini. Jadi, segera rencanakan liburanmu dan nikmati wisata bahari Sulawesi Tenggara bersama teman dan keluarga.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.