Informasi

Virus Corona Mencemaskan, Bandara Semarang Menyediakan Ruang Isolasi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Belum lama ini virus Corona menjadi topik hangat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Virus ini dinyatakan berbahaya dan sumbernya sendiri diduga berasal dari Negeri Tiongkok – tepatnya di Wuhan. Walau memang virus ini tidak menyentuh negara Indonesia. Hanya saja virus ini sudah dinyatakan positif menyerang negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia.

Memang Indonesia tidak dinyatakan terserang virus yang memiliki nama lain yaitu novel Coronavirus/nCov. Namun bukan berarti virus Corona tidak memiliki kemungkinan menyerang Indonesia. Maka, Kota Semarang sudah melakukan upaya pencegahan virus Corona.

Mengenai Ruang Isolasi Bandara Internasional Semarang

ruang isolasi bandara mencegah virus corona
pixabay.com

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang pun telah menyediakan ruang isolasi pada Bandara Internasional Jenderal Besar Ahmad Yani. Hal tersebut direalisasikan ntuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus Corona. Terlebih dari penumpang yang terindikasi menderita beberapa gejalanya seperti pneumonia berat.

Cara kerjanya adalah, penumpang dari luar negeri akan diperiksa menggunakan thermal scanner dan alat pemindai suhu tubuh. Jika penumpang terpantau mengalami demam dengan suhu tubuh 38 derajat celcius lebih. Penderita panas akan langsung dirujuk ke ruang isolasi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Setelah penderita melakukan pengobatan atau observasi. Pihak KKP dapat merujuk penderita ke rumah sakit terdekat, jika penderita ada indikasi mengidap penyakit menular atau bahkan gejala terserang virus Corona.

Ruang isolasi yang dibangun oleh KKP berada di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional Jenderal Besar Ahmad Yani, Semarang. Ada pula tersedia ruang isolasi di bagian pemeriksaan keimigrasian bandara. Di ruangan tersebut terdapat beberapa peralatan medis untuk penanganan pertama, termasuk tempat tidur perawatan dan obat-obatan penunjang.

Pencegahan Dini Sebelum Pelesir ke Luar Negeri atau Sebagai Perlindungan Diri

ruang isolasi bandara mencegah virus corona
pixabay.com

Dengan adanya kekhawatiran mengenai virus Corona, pemerintah mengimbau pelancong atau kamu yang akan ke luar negeri. Jika merasa tidak sehat sebaiknya urungkan niat untuk pelesir ke luar negeri. Namun jika sudah tidak bisa ditunda lagi, sebaiknya kamu cek kondisi kesehatan kamu sebelum berangkat. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi makanan dengan gizi cukup dan vitamin. Hal tersebut diupayakan agar kondisi tubuh kamu kuat dan tidak rentan terserang virus mematikan ini.

Selain kondisi fisik, kamu juga disarankan untuk menggunakan masker setiap melakukan aktivitas luar ruangan. Pasalnya virus Corona dapat ditularkan melalui udara sehingga mudah masuk ke dalam tubuh kamu. Jadi selalu gunakan masker dan hidup bersih agar tidak rentan terserang penyakit ya!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.