Informasi

Virus Corona dan Imbasnya Pada Industri Film di Mata Christopher Nolan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mewabahnya virus corona pada beberapa hari ini mulai menyita perhatian berbagai sektor bisnis. Berawal dari sektor pariwisata yang mulai membatasi pelancong ke beberapa destinasi. Kemudian bisnis kuliner, kecantikan, yang mulai menutup gerainya di beberapa daerah. Kini pun dunia perfilman mulai terkena imbasnya. Berbagai film yang dijadwalkan rilis pada bulan maret dan beberapa waktu ke depan, terpaksa harus mundur. Belum lagi sejumlah biskop di dunia – termasuk Indonesia terpaksa harus tutup hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Mengutip CNN Indonesia, kekhawatiran ini membuat sutradara andal – Christopher Nolan, ikut angkat bicara mengenai virus corona yang mengimbas industri film dan bioskop di dunia.

Industri Perfilman Dunia Terkoyak, Hingga Pekerja Bioskop Pun Terkena Imbasnya

pixabay.com

Pada laman Washington Post, Nolan menulis opininya terkait hal tersebut. Sutradara yang melejit berkat Inception dan Interstellar ini mengungkapkan bahwa orang bisa menganggap jika film bisa identik dengan sekumpulan bintang, studio film, dan hal yang glamor. Padahal jika membicarakan tentang film atau bioskop, hal tersebut bisa menjadi dari bagian dari hidup.

Nolan mengatakan jika bisnis film adalah tentang semua orang, mulai dari orang yang bekerja di bagian snack, operasional peralatan, perobek tiket, bagian pemesanan film. Bahkan bagian penjual dan pengiklan film, serta bagian kebersihan di bioskop lokal. Upah mereka pun kebanyakan dihitung berdasarkan jam atau shift daripada gaji per bulan. Dengan menyebarnya covid-19 yang sudah menginfeksi 300 ribu orang dan lebih dari 12 ribu kematian, Nolan mendeskripsikan tantangan terbesar yang dihadapi industri film.

Harapan Nolan Agar Industri Perfilman Pun Dilibatkan Sebagai Bagian Dari Kehidupan Sosial

Virus Corona dan Imbasnya Pada Industri Film di Mata Christopher Nolan
instagram.com/christophernolan_officialpage

Untuk itu Nolan berharap dengan ditutupnya dunia usaha untuk sementara waktu karena covid-19, industri film mendapat perhatian juga. Terlebih industri perfilman pun terkena imbas yang cukup besar karena situasi ini. Nolan pun mengatakan “Ketika Kongres menimbang permohonan bantuan dari banyak jenis bisnis yang terkena dampak, saya pun berharap yang lainnya melihat kami apa adanya sebagai bagian vital dari kehidupan sosial. Yakni menyediakan pekerjaan bagi banyak orang dan hiburan untuk semua.” Kemudian, bagi seorang Christopher Nolan, sebagai sineas, pekerjaannya tidak akan sempurna tanpa pekerja dan penonton yang mendukungnya.

Nolan Ingin Semua Orang Mengingat Sejenak Alasan Mengapa Pertama Kali Menonton Ke Bioskop

Virus Corona dan Imbasnya Pada Industri Film di Mata Christopher Nolan
flickr.com

Kejadian merebaknya virus corona yang terjadi beberapa minggu terakhir, membuat Nolan terbuka akan ada kepentingan lain selain pergi ke bioskop. Namun, sutradara ini pun mengatakan saat krisis covid-19 ini berlalu. Kebutuhan untuk saling terlibat antar sesama manusia, kebutuhan untuk hidup, tertawa, menangis, dan mencintai akan semakin kuat dari sebelumnya. Nolan pun mengajak seluruh pembaca opininya untuk mengingat kembali apa alasan mereka untuk pergi ke bioskop pertama kali.

“Mungkin akan sama seperti saya, pergi menonton ke bioskop untuk mendengar suara sekitar. Menikmati soda, popcorn, atau menonton para bintang film. Hanya tidak itu saja, alasan kita ke bioskop adalah untuk menghidupi satu sama lain,” Tutup Nolan yang dikutip dari Hollywood Reporter. Nolan dalam waktu dekat akan merilis film teranyar berjudul Tenet yang dijadwalkan meluncur tanggal 16 Juli 2020. Namun dengan adanya covid-19, belum ada lagi kepastian mengenai peluncuran Tenet.

Krisis yang meresahkan sineas di industri perfilman ini berawal dari sejumlah negara yang menutup bioskop selama dua bulan terakhir. Berawal dari salah satu pasar terbesar film dunia, yakni Cina. Kemudian disusul oleh Korea Selatan, Italia, dan saat ini tengah diikuti oleh beberapa negara bagian di Amerika. Indonesia pun telah menutup bioskop selama dua pekan ke depan.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.