Informasi

Virus Corona Merebak, Lakukan Pencegahan. Hindari Berjabat Tangan!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Semenjak merebaknya virus corona yang sudah ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi, kita tidak disarankan lagi untuk berjabat tangan ketika menyapa orang. Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran virus. Di Indonesia pun virus ini sudah menelan banyak korban. Agar virus tak semakin menyebar, salah satu caranya adalah dengan tidak bersentuhan. Nah, kebiasaan bersalaman pun akhirnya diganti dengan cara lain. Penasaran? Ikuti aja ulasan dari Holamigo berikut ini.

Namaste

virus corona, berjabat tangan
Salam Namaste – Instagram @namaste_is

Gestur salaman ini biasa dilakukan oleh orang di beberapa negara Asia, contohnya India. Tak hanya di India, di Indonesia pun gaya bersalaman seperti ini biasa dilakukan oleh orang Bali.  Semenjak merebaknya virus corona, orang-orang mengganti berjabat tangan dengan salam Namaste. Beberapa tokoh dunia sudah mempraktikan salam ini, di antaranya Pangeran Charles dari Inggris saat dirinya menyapa Baroness Scotland, Patricia Janet Scotland.

Elbow Bump

virus corona, berjabat tangan
Salam Elbow Bump – Instagram @cheriechillmd

Seperti namanya, elbow bump menggunakan siku untuk pengganti berjabat tangan. Ini digunakan supaya tangan tidak bersentuhan sehingga menularkan virus corona. Gerakan salamnya lebih mirip dengan gerakan toss tapi memakai siku. Tokoh dunia yang mempraktikan gaya salaman ini adalah Nancy Pelosi, Ketua DPR Amerika Serikat. Para pejabat di Indonesia mulai melakukan salaman dengan cara ini. Yang terbaru dikabarkan salaman cara ini tak lagi disarankan oleh WHO.

Salam Dada

Salam dada – Hetty/Sumeks.co

Alternatif berjabat tangan untuk menghindari virus corona ini dilakukan dengan cara mengangkat tangan kemudian menempelkannya ke dada. Gaya bersalaman ini sudah dipraktikan oleh Tayyip Erdogan, Presiden Turki, ketika menyambut anggota Partai AK di pertemuan parlemen yang diselenggarakan di Ankara. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, juga menggunakan gaya salaman ini.

Fist Bump

virus corona, berjabat tangan
Fist bump – Meredith Rizzo/NPR

Siapa yang sudah mempraktikan gaya berjabat tangan alternatif ini? Kyriakos Mitsotakis yang adalah Perdana Menteri Yunani sudah mempraktikan gaya bersalaman untuk menghindari penyebaran virus corona ini. Selain itu, ada juga Klaus Regling, Direktur Pelaksana Mekanisme Stabilitas Eropa yang juga melakukan hal ini ketika bertemu dengan Mitsotakis di Maximos Mansion di kota Athena, Yunani. Caranya adalah dengan menempelkan kepalan tangan.

Ojigi

virus corona, berjabat tangan
Salam ala Orang Jepang – Instagram @gojourny

Di Jepang, salaman dilakukan dengan cara membungkukkan badan dan menundukkan kepala. Selain untuk perkenalan, salam tak berjabat tangan ini juga digunakan untuk menunjukkan rasa hormat atau permintaan. Sekarang gaya salaman ini digunakan sebagai alternatif untuk menghindari menyebarnya virus corona.

Salam Kaki

Salam kaki – Instagram @janinakugel

Untuk menghindari penyebaran virus corona, maka berjabat tangan kini diganti dengan salam kaki yang dilakukan dengan cara saling membenturkan kaki. Salam ini sudah dilakukan di beberapa negara.

Baca juga:

Itu tadi adalah alternatif pengganti berjabat tangan yang sekarang dianjurkan untuk dilakukan demi mengurangi penyebaran virus corona. Penelitian menyebutkan kalau salaman tangan memiliki potensi menyebarkan lebih banyak virus dan kuman. Jadi, kalau bertemu teman atau tamu, coba salah satu gaya salaman tadi.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.