Informasi Travel Tips

Ulas Soal Si Kecil Serbaguna Sahabat Para Traveler, Pisau Swiss Army

Pinterest LinkedIn Tumblr

Untuk para traveler, baik itu traveler yang senang lancong ke beberapa tempat dengan santai, maupun para traveler yang senang berpetualang. Tentu mendambakan alat yang compact dengan segudang manfaat. Si kecil berbalut warna merah ini tentu menjadi alat serbaguna yang jadi primadona diantara para traveler. Pisau lipat serbaguna, atau akrab disebut sebagai Swiss Army Knife. Pisau Swiss Army ini memang menjadi alat wajib para traveler karena fungsinya yang segudang. Kamu bisa mendapat banyak manfaat dalam setiap lipatannya. Bentuknya pun cenderung kecil dan aman karena bentuknya yang compact serta cukup handy.

Banyak yang keliru dengan jenis pisau satu ini, bahkan ada pula yang bingung sebenarnya pisau ini jenisnya apa. Nah, si kecil merah ini jenisnya memang Swiss Army. Jadi, jangan keliru lagi untuk menyebutkan jenis pisau satu ini lagi. Namun, mengapa disebut dengan Swiss Army ya?

Awal terciptanya pisau serbaguna ini di tahun 1880-an. Berawal dari para tentara Swiss yang membutuhkan pisau multifungsi. Baik untuk membuka makanan kaleng, maupun untuk membongkar pasang senjata jenis rifle, the Schmidt–Rubin. Di tahun 1890-an, pisau Swiss Army pun diproduksi mass al dengan model pertamanya “Modell 1890” oleh Karl Elsener yang sebelumnya pernah memproduksi pisau untuk Jerman. Perusahaan Karl Elsener pun kini dikenal dengan nama Victorinox AG. Nama Swiss Army pun tidak semerta-merta tercipta, karena pada awalnya Elsener menamai pisau ini Schweizer Offiziersmesser. Namun, karena tentara Amerika pasca Perang Dunia ke II sulit melafalkan nama pisau ini, namanya pun berubah menjadi Original Swiss Army Knife yang telah dipatenkan oleh Elsener di tahun 1897.

Mungkin kamu juga penasaran, di luar sana banyak pula perusahaan yang memproduksi pisau Swiss Army. Kamu pun pasti bingung, ternyata yang pertama kali mematenkan pisau mungil ini adalah orang Jerman. Jangan salah, di negara asalnya pun sebenarnya ada pula yang memproduksi pisau mungil ini. Pada tahun 1893, perusahaan Paul Boéchat & Cie yang kini dikenal dengan nama Wenger pun ikut membuat pisau Swiss Army, yang dulunya Wenger hanya memproduksi alat makan saja. Hingga pada tahun 2005, Wenger pun memutuskan untuk merger dengan Victorinox.

Seperti disinggung di awal, pisau Swiss Army ini banyak sekali kegunaan. Bahkan tidak jarang orang selalu mengantongi pisau satu ini kemanapun mereka pergi. Victorinox pun memproduksi berbagai macam model pisau Swiss Army, tergantung dari kebutuhan fitur yang diinginkan. Umumnya, pisau Swiss Army yang sering digunakan untuk par traveler baik untuk pelesir biasa maupun hikers, seringkali menggunakan pisau Swiss Army jenis klasik yang terdapat 5 macam kelengkapan, yaitu pisau kecil, tusuk gigi, kikir kuku, gunting kecil, dan pinset. Ada pula yang memang dikhususkan untuk para traveler yaitu pisau Swiss Army jenis Tourist. Biasanya terdiri dari beberapa fitur yang sama dengan yang klasik, hanya saja ditambahkan dengan beberapa fitur seperti obeng dan pembuka tutup botol. Namun, untuk kamu yang memerlukan lebih dari itu, apalagi kamu seorang hiker yang gak mau ribet. Kamu bisa memilih pisau Swiss Army jenis Huntsman atau Hiker.

Jika kamu mulai melek dengan beberapa fungsi dari pisau Swiss Army, kamu perlu tahu juga bagaimana membawa barang satu ini saat kamu bepergian jauh menggunakan pesawat. Karena kebijakan maskapai tidak memperbolehkan membawa barang tajam ke dalam kabin. Disarankan untuk kamu yang ingin membawa pisau Swiss Army, taruh di dalam tas yang akan dititipkan di bagasi. Namun, kebijakan ini pun tidak semua diperbolehkan oleh seluruh maskapai berbagai negara. Jadi, pastikan untuk kamu yang ingin bepergian menggunakan pesawat sambil membawa pisau Swiss Army, baca dulu kebijakan yang diterapkan di negara atau maskapai yang kamu pilih ya.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.