Event Seni

Ugo Untoro Menutup Rangkaian Pameran 2019 di Galeri Nasional

Pinterest LinkedIn Tumblr

Seniman asal Yogyakarta, Ugo Untoro, menggelar pameran tunggalnya di Galeri Nasional Indonesia yang bertajuk “Rindu Lukisan Merasuk di Badan”. Pameran yang dibuka sejak 20 Desember 2019 ini diselenggarakan hingga 12 Januari 2020. Dengan dikuratori oleh Hendro Wiyanto, Ugo menampilkan sekitar 70-an karya yang terdiri atas beberapa karya seri.

Ugo Untoro
Image credit: instagram.com/galerinasional

Ugo Untoro adalah seniman yang telah aktif berkarya sejak tahun 1990-an. Beragam karya lukis, patung, serta instalasi ia lahirkan dan tampilkan dalam berbagai perhelatan seni di dalam dan luar negeri. Dalam pameran “Rindu Lukisan Merasuk di Badan” kali ini Ugo fokus pada karya lukisan.

Ugo Untoro Kembali Kepada Lukisan

Gagasan tentang kembali ke lukisan, didapatkan Ugo Untoro dari perjalanan pulang dan pergi ke kampung halamannya, Purbalingga. Selama perjalan tersebut, ia teringat akan awal kekaryaannya dalam seni rupa berangkat dari karya lukis. Inilah momen di mana Ugo kembali menekuni dan mengekslorasikan kembali seni lukis.

Dilansir dari Galeri Nasional, menurut kurator Hendro Wiyanto, pameran Ugo Untoro kali ini menunjukkan kesinambungan tata rupa dalam khazanah seninya selama beberapa dekade terakhir. Sebagian besar karya Ugo ini menggunakan gagasan ‘romantisme’. Menurutnya ia harus mencari berbagai peristiwa dengan cara pikir romantisme.

Jika kita masuk ke dalam ruang pamer, kita akan dihadapkan dengan berbagai permainan Ugo Untoro terhadap material kanvas yang menjadi medium karya-karyanya kali ini. Mulai dari permainan ukuran kanvas, hingga permainan cara menampilkan wujud kanvasnya yang dibolak-balik, digulung, dipisahkan dari rangkanya.

Ugo Untoro
Image credit: instagram.com/galerinasional

Persiapan Ugo untuk pameran ini sudah dilakukannya sejak November 2018. Ia berharap karya ini akan dibawa ke berbagai ruang diskusi sehingga dapat terus berkembang. Berbagai pihak yang terlibat dalam persiapan dan keberlangsungan pameran ini antara lain Galeri Nasional Indonesia, Obah Mamah, serta Museum dan Tanah Liat.

Pameran “Rindu Lukisan Merasuk di Badan” buka untuk umum mulai pukul 10.00 – 19.00 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur No. 14. Letaknya tepat berada di sebrang Stasiun Gambir, Jakarta.

Baca juga Museum MACAN Membocorkan 4 Seniman yang Berpameran Tahun 2020

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.