Destinasi Inspirasi Seni Seni dan Budaya

Traveling Menjelajahi Street Art di 5 Kota Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kuliner, panorama alam, dan adat budaya, merupakan hal-hal umum yang biasanya kita tuju sebagai alasan untuk traveling di suatu tempat. Bagaimana dengan menjelajahi karya-karya street art? Kegiatan ini bisa jadi alternatif menarik bagi kamu yang suka seni dan traveling di daerah perkotaan.

Street art merupakan karya visual yang dibuat di ruang publik kota. Beragam bentuk street art meliputi mural, graffiti, stensil, stiker, wheatpaste, dan seni instalasi. Area publik menjadi ciri khas media yang digunakan para kreator street art untuk menyalurkan ide, gagasan, ekspresi, maupun eksistensi. Berikut ini merupakan kota-kota di dunia dengan perkembangan street art yang sangat memukau.

New York, USA

Street Art New York | Image credit: Vivienne Gucwa (flickr.com)

Boom graffiti pasca Perang Dunia ke-2 terjadi di kota ini. Gerakan graffiti semakin berkembang dan berpusat di Bronx. Sebuah film berjudul “Style Wars” (1983) mendokmentasikan para seniman graffiti di New York yang beraksi di mana-mana. Beberapa lokasi street art pun menjadi landmark di kota ini, seperi Graffiti Hall of Fame, Chelsea, dan Hunts Point.

Melbourne, Australia

Street Art Melbourne | Image credit: Peter Hindmarsh (flickr.com)

Melbourne merupakan surganya para street artist, karena di kota ini street art seolah dikembangkan secara legal. Street art di kota Melbourne telah menjadi tujuan wisata yang menjadi daya tarik para turis. Jika jalan-jalan menyusuri jalan dan gang di kota ini, kita akan selalu menemukan tembok-tembok dipenuhi mural dan graffiti.

Buenos Aires, Argentina

Street Art Melbourne | Image credit: globetrottergirls (flickr.com)

Dinding-dinding di Buenos Aires telah disulap menjadi ‘kanvas’ raksasa untuk street artist. Perkembangan street art di kota ini sangat pesat, dan sering kali didanai oleh pemerintah setempat. Beberapa daerah seperti Caminito menjadi galeri di ruang publik yang menampilkan karya-karya street artist.

Bristol, UK

Street Art Bristol | Image credit: Jaime Acevedo de Armas (flickr.com)

Street art di Kota Bristol dapat ditemui di segala penjuru jalanan dan gedung-gedungnya. Seorang street artist bernama Banksy, tumbuh di kota ini dengan menampilkan karya-karyanya yang memadukan humor dan kritik sosial. Stokes Croft menjadi salah satu lokasi yang paling cocok jika ingin menikmati karya street art di kota ini.

Sao Paulo, Brazil

Street Art Sao Paulo | Image credit: Urbanhearts (flickr.com)

Lebih dari 200 karya street art terpampang di dinding-dinding ruang publik Sao Paulo. Meski pada awalnya street art sempat ditentang oleh pemerintah setempat, namun pada akhirnya pergerakan street artist di kota ini mendapatkan jalan tengah. Berbagai macam mural dan graffiti menghiasi rumah-rumah warga dan sarana publik lainnya.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.