Inspirasi Mode

Traveling Menggunakan Topi? Kenali Dulu Jenis-Jenisnya Yuk!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Musim kemarau masih berlanjut, traveling pun menjadi kurang bersemangat karena harus jalan-jalan di bawah terik matahari. Topi adalah salah satu traveling accessories penting baik pria maupun wanita. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli aksesoris summer traveling satu ini, kenali dulu yuk beberapa jenis topi berikut. Agar outfit yang kamu kenakan semakin maksimal!

Cap

Cap (source: unsplash.com)

Jika kamu mendengar kata topi, seharusnya jenis topi satu ini menjadi gambaran umum apa itu topi. Cap sendiri memiliki banyak jenis, yang akan kamu sering jumpai biasa disebut dengan snapback cap. Sementara untuk cap yang berbahan net di bagian belakang biasanya disebut dengan trucker cap dan ada pula yang disebut dengan five panel cap, yaitu cap dengan 5 panel di bagian depannya. Topi jenis cap ini populer karena permainan baseball. Kamu tentu bisa gunakan cap ini sebagai pelindung utama wajahmu saat traveling. Topi berbahan kain katun dengan penutup depan yang cukup lebar dapat melindungi kepala dan wajahmu dari sinar matahari terik. Belum lagi faktor bahan yang disematkan di cap dapat menyerap keringat dengan cepat.

Bucket Hat

Bucket Hat (source: unsplash.com)

Kalau kamu bosan dengan topi jenis cap, kamu bisa menggunakan jenis topi satu ini. Eksistensi topi jenis bucket hat atau disebut juga dengan fisherman’s hat ini berkat beberapa band terkenal seperti The Stone Roses, Courteneers, Ian Brown, dan Oasis. Jenis topi satu ini pun mudah dikenali, karena brim atau pinggiran topi bucket hat menurun dan biasanya berbahan dasar denim atau kanvas. Namun, kamu jangan keliru dengan boonie hat. Walaupun kedua jenis topi ini mirip, hanya saja boonie hat memiliki pinggiran yang lebih kaku daripada bucket hat.

Fedora

Fedora (source: pixabay.com)

Topi satu ini biasanya identik dengan kostum gangster rapi atau musisi jazz, dan banyak juga yang masih menggunakan jenis topi ini hingga kini. Berbentuk lebar, terdapat detail seperti “dicubit” pada sisi depan topi, kemudian terdapat pinggiran yang kaku dan lurus yang biasa disebut dengan trilby. Bahan yang digunakan untuk membuat topi ini pun beragam, mulai dari wol, kasymir, atau kulit hewan. Kamu bisa menggunakan topi ini saat berada di situasi formal, karena bentuknya yang klasik dapat dipadukan dengan formal outfit.

Beret”

Beret Cap (source: pexels.com)

Jenis topi ini pun seringkali dijumpai di berbagai kesempatan, namun mungkin kamu belum menyadari jika topi beret memiliki banyak jenisnya.  Diantaranya ada beret, newsboy cap, dan flat cap. Untuk beretnya sendiri biasnaya berbahan dasar katun wol atau acrylic fiber, bermahkota lurus, dan mulai merebak luas sejak abad ke 19 di Prancis dan Spayol.

Berbeda dengan beret, Gatsby hat atau Newsboy cap berbentuk lebih klasik dan stylish dan didepannya terdapat brim yang memiliki kancing untuk melekatkan bagian topi dan terlihat lebih terbingkai. Kamu bisa melihat perawakan Newsboy cap pada Cillian Murphy yang berperan sebagai Tommy Shelby pada serial Netflix, Peaky Blinders.

Cillian Murphy worn Gatsby Hat or Newsboy Cap (source: instagram/_peaky_blinderz_)

Sementara itu, Bonnet atau Flat cap memiliki badan yang bulat dan cenderung lebih kaku. Karena bahan yang digunakan berjenis katun tebal bahkan terkadang corduroy.

Beanie

Beanie (source: pixabay.com)

Aksesoris keala satu ini sangat berguna bagi kamu yang akan traveling ke destinasi bercuaca ekstrim. Hampir seluruh jenis beanie berbahan wol rajut. Namun, menggunakan beanie tidak selalu untuk traveling di cuaca ekstrim, loh! Kamu juga bisa menggunakan beanie untuk jalan santai, terlebih saat kamu sedang menggunakan casual outfit. 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.