Inspirasi Kesehatan

Lensa Kontak Menjadi Solusi Traveling Simple Asal Lakukan Hal Berikut!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi pengguna kacamata, tentu ada suka dan duka saat traveling menggunakannya. Terkadang kacamata bisa melengkapi penampilan sekaligus menyamankan pandangan selama pelesir. Hanya saja menggunakan kacamata bisa menyulitkan kamu saat pelesir, entah itu kacamata jatuh atau bagian dudukan kacamata pada hidung terasa berat. Belum lagi, saat traveling ke tempat bercuaca panas membuat dudukan kacamata pada bagian telinga terasa gatal dan menimbulkan iritasi. Lensa kontak atau biasa dikenal dengan sebutan soft lens menjadi solusi untuk kamu yang lelah menggunakan kacamata.

Walaupun menggunakan soft lens memang terasa nyaman dan wajah terasa lebih ringan tanpa beban, bukan berarti menggunakannya tanpa resiko. Pasalnya soft lens lebih sensitif terhadap mata. Alih-alih ingin segalanya praktis, mata kamu malah iritasi gara-gara salah pemakaian. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap nyaman menggunakan atau soft lens saat traveling.

Rawat Lensa Kontak Agar Tetap Steril Saat Digunakan

pixabay.com

Sebelum mengenakannya, pastikan cuci tangan dengan sabun. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan tangan. Pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih dan kering sebelum menyentuh lensa.

Pemakaian Lensa Kontak Pun Dibatasi Waktu, Jangan Sampai Melebihi Batas Waktu Pemakaian

Lensa Kontak Menjadi Solusi Traveling Simple Asal Lakukan Hal Berikut!
pixabay.com

Setiap lensa kontak atau softlens memiliki durasi pemakaian yang dianjurkan. Umumnya pemakaian soft lens dibatasi hingga 7 jam pemakaian. Namun kembali lagi, tergantung jenis soft lens itu sendiri. Maka pastikan kamu tahu batas waktu pemakaian soft lens, dan jangan melebihi batas waktu pemakaian. Hal tersebut mencegah stres, dan lelah. Dengan begitu mata kamu tidak kekurangan oksigen yang masuk ke dalam mata.

Ketauhi Masa Ganti dan Rutin Mengganti Wadahnya

Lensa Kontak Menjadi Solusi Traveling Simple Asal Lakukan Hal Berikut!
flickr.com

Setiap lensa kontak atau soft lens pun memiliki masa ganti, setiap jenisnya memiliki masa ganti berbeda. Walaupun soft lens nampak baik-baik saja saat melewati masa ganti. Jangan sampai kamu tetap nekat menggunakannya. Sebaiknya buang kontak lensa tersebut dan ganti dengan yang baru. Selain itu wadah soft lens pun sebaiknya rutin ganti setidaknya tiga bulan sekali, demi menjaga soft lens dalam keadaan higienis atau steril.

Hindari Membeli Lensa Kontak Melalui Internet Atau Online

Lensa Kontak Menjadi Solusi Traveling Simple Asal Lakukan Hal Berikut!
pixabay.com

Jangan sembarangan memilih lensa kontak. Alih-alih kamu menginginkan lensa yang menggemaskan atau yang nyaman dengan harga miring. Namun perlu kamu ketahui juga jika setiap orang memiliki jenis bola mata yang berbeda. Untuk itu, sebelum kamu matang ingin menggunakan soft lens, sebaiknya kamu periksakan mata kamu terlebih dahulu. Bila kamu sudah rutin mengenakan soft lens, kamu juga perlu memeriksakan mata kamu rutin satu tahun sekali.

Jika Memiliki Aktivitas Padat, Apalagi Traveling. Jangan Asal Pilih Lensa Kontak

flickr.com

Menjaga lensa agar tetap higienis adalah kewajiban yang selalu ditaati penggunanya. Untuk itu jika kamu senang traveling, apalagi hiking, diving, atau bahkan berenang. Disarankan untuk menggunakan lensa yang sekali pakai. Pasalnya, lensa sekali pakai tidak mengharuskanmu untuk membersihkannya setelah pemakaian. Selain itu, protein dan kotoran lainnya yang tertempel dari air pun sulit untuk dimatikan.

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan atau baru akan menggunakan lensa kontak, selalu jaga kebersihan tangan ya. Agar lensa dan mata kamu tetap terjaga higienisnya.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.