Destinasi Indonesia Sumatera

Traveling ke Pulau Pasumpahan, Surga Tersembunyi di Padang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu sudah traveling ke Kepulauan Mandeh, jangan lewatkan untuk liburan ke salah satu pulau di kawasan ini yang tak kalah cantiknya. Pernah mendengar Pulau Pasumpahan? Kata orang, pulau ini ibarat Maldives-nya kota Padang.

Sumatera Barat memang tak hanya terkenal dengan Jam Gadang atau kulinernya yang mendunia, seperti rendang. Provinsi ini memiliki banyak kekayaan wisata alam, terutama wisata bahari. Banyak pulau-pulau cantik yang namanya masih asing di telinga sebagian orang.

Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan | Image Source @pdg.info

Kalau ingin jalan-jalan ke Maldives tapi budget pas-pasan, cukup traveling ke Pulau Pasumpahan. Liburan ke pulau ini lebih pocket-friendly alias ramah di kantong. Pasumpahan terletak di Teluk Kabung Selatan, Padang, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya kira-kira satu jam dari pusat kota Padang.

Pulau ini termasuk ke dalam Kepulauan Mandeh bersama dengan Pulau Sikuai, Pagang, dan Pamutusan. Luas pulaunya hanya sekitar 5 hektar. Selain pulaunya yang cantik, Pasumpahan juga diberkahi pasir putih dan laut dengan  airnya yang jernih. Warna air lautnya bergradasi, ada putih, turquoise dan biru. Terumbu karang yang ada di Pasumpahan juga masih bagus. Banyak para nelayan yang singgah di sini untuk beristirahat. Jadi tak heran jika kamu traveling ke sini, pemandangan nelayan menangkap ikan adalah hal yang lumrah.

Aktivitas di Pasumpahan

Aktivitas di Pulau Pasumpahan | Image Source @trip_pulau_sumatera_barat

Karena pulau ini berhubungan dengan wisata bahari, maka aktivitas yang ditawarkannya pun tak jauh-jauh dari laut. kamu bisa mencoba untuk snorkeling atau diving di sini. Saat snorkeling, kamu bisa bertemu dengan ikan-ikan lucu. Di pulau ini ada sekitar 21 jenis ikan dan yang mendominasi adalah ikan Chaetodon trifascialis atau disebut juga Chevroned Butterflyfish.

Selain aktivitas yang berhubungan dengan air dan laut, kamu juga bisa menjajal bukit dengan tinggi 100 meter yang ada di bagian sisi utara pulau. Dari atas bukit Pasumpahan, kamu bisa menikmati keindahan pulau ini secara utuh dan akan terlihat bagus saat ditangkap oleh lensa kameramu.

Asal Muasal Nama Pasumpahan

Bukit Pasumpahan | Image Source @ge_blonky_exotic

Apa kamu tahu dari mana asal nama Pasumpahan? Nama ini dikaitkan dengan legenda tentang anak durhaka yang tak mau mengakui ibunya. Menurut masyarakat setemat bukit di sana mirip dengan orang yang sedang sujud, maka disebutlah Pulau Pasumpahan yang berhubungan dengan kata sumpah.

Pulau Pasumpahan bisa menjadi ide untuk liburan atau jalan-jalan kamu selanjutnya, bukan begitu?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.