Kuliner

Toko Oen, Restoran Legendaris di Semarang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jalan-jalan di Semarang, identik dengan jajaran bangunan tua yang masih bertahan hingga kini. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Toko Oen. Letaknya berada di Jalan Pemuda No. 52, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah.

Tampak dari luat bangunannya, suasana tempo dulu langsung terasa. Bentuk bangunannya terbilang unik, karena posisi pintu utamanya menghadap jalan secara diagonal. Pintu restoran ini diapit oleh dua buah pilar lama dan dihiasi atap kanopi hijau dengan gaya lama. Pada bagian atasnya terdapat penanda huruf yang tersusun menjadi nama “TOKO OEN”.

Toko Oen
Bagian dalam restoran | Image credit: instagram.com/tokooen

Begitu memasuki bagian dalam Toko Oen, kita akan langsung disambung dengan suasana interior yang hangat. Beberapa furnitur dan barang-barang lama masih dipertahankan di sini. Misalnya mesin kasir tua yang dipajang pada salah satu sudut ruangan.

Cita Rasa Masa Lalu

Toko Oen
Menu makanan Toko Oen | Image credit: instagram.com/tokooen

Toko Oen merupakan salah satu restoran legendaris di Kota Semarang. Restoran ini didirikan sejak tahun 1936 oleh pasangan Oen Tjoen Hok dan Liem Gien Nio. Menu yang disajikan di restoran ini masih memegang pada cita rasa masa lalu.

Restoran ini menyediakan makanan Indonesia seperti gado-gado, nasi goreng spesial, sate ayam, sate babi, dan tahu campur. Ada pun makanan Eropa yang disajikan seperti steak sapi, steak Hamburg, wiener schnitzel, hingga chicken cordon bleu.

Untuk kudapan ringan, Toko Oen menyediakan berbagai macam sup mulai dari soup bouillon hingga sop buntut. Ada pun makanan penutup khas restoran ini seperti kroket, risoles, lumpia goreng, bitterballen, calamari, dan berbagai poffertjes.

Menyediakan Berbagai Kue Kering dan Basah

Toko Oen
Etalase kue kering | Image credit: instagram.com/tokooen

Pada salah satu bagian sudut ruangan terdapat rak etalase yang menampilkan berbagai jenis kue kering khas Toko Oen. Pada sudut pun tersedia beragam kue basah dan kudapan tradisional Semarang.

Harga makanan dan minuman yang dibanderol tidaklah terlalu mahal. Untuk makanannya, mulai dari harga Rp 11.000 hingga Rp 92.500. Sementara untuk minuman dijual mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 42.000.

Restoran ini mulai buka dari pukul 09.30 hingga 21.30. Suasana di siang hari berada di dalam restoran ini menjadi salah satu jam terbaik untuk berkunjung. Karena toko ini memiliki jendela-jendela besar yang dijadikan sumber pencahayaan alami dari cahaya matahari di luar.

Baca juga Braga Permai, Warisan Kuliner dari Kerajaan Belanda di Bandung

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.