Informasi

Tips Pintar Untuk Menjaga Kesehatan Saat Traveling

Pinterest LinkedIn Tumblr

Baru-baru ini beredar kabar mengenai virus Corona yang menyerang beberapa warga Cina. Padahal negeri Tirai Bambu ini akan menyelenggarakan festival tahun baru beberapa hari lagi. Jika kamu sedang traveling ke Cina, pastikan untuk mengikuti tips pintar untuk menjaga kesehatan selama traveling berikut ini.

Cuci tangan

tips traveling
pixabay.com/Gentle07

Walau terdengar sederhana, namu mencuci tangan ternyata dapat memberikan efek dasyat untuk menjaga kesehatan kamu. Layanan Kesehatan Nasional di UK bahkan pernah menerapkan tips pintar ini untuk mengontrol infeksi yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Jika kamu tidak bisa menemukan sabun anti bakteri dan air, pastikan untuk membawa sebotol gel pembersih tangan. Jika memungkinkan, cuci tangan dengan menggunakan air panas setidaknya selama 30 detik (jika bisa menahan panasnya) sebelum  dan sesudah makan serta setelah ke toilet.

Minum air mineral botolan

tips hidup sehat
pixabay.com/congerdesign

Kamu tidak tahu apakah air yang kamu minum dari keran benar-benar higienis. Jadi cobalah untuk menghindari minum dari air keran dengan membeli air mineral botolan. Tapi jika kamu ingin menghemat pengeluaran dan juga menjaga lingkungan dari sampah plastik, cobalah membeli botol minum yang dilengkapi dengan penyaring yang dapat memurnikan air yang akan kamu minum.

Pilih makanan yang bersih

makanan kaki lima
pixabay.com/Pexels

Saat traveling, kamu pasti ingin mencoba berbagai makanan lokal. Pastikan kebersihan makanan dan minuman yang dibeli sebelum mengkonsumsinya. Yang perlu dilakukan hanyalah memperhatikan kebersihan penjual dan stand makanannya. Apakah ia menggunakan sarung tangan saat membuat pesanan? Apakah stand makanannya terlihat bersih?

Dengan melakukan tips pintar ini, kamu dapat terhindar dari bakteri yang bisa membuat kamu sakit. Bahkan kamu juga bisa menghindari keracunan makanan yang dapat mengancam keselematan jiwa kamu.

Tetap aktif

tips sehat
pixabay.com/skeeze

Jalan-jalan bukan berarti kamu tidak bisa menjaga kebugaran tubuh kamu. Cobalah untuk tetap berolahraga selama traveling. Dengan menjalankan tips pintar ini, kesehatan tubuh kamu akan tetap terjaga karena daya tahan tubuh juga ikut meningkat.

Lakukan vaksinasi

virus corona
pixabay.com/Angelo Esslinger

Vaksinasi adalah sesuatu yang jarang dilakukan para traveler sebelum bepergian. Padahal hal ini sangat penting untuk memperkuat imunitas tubuh. Jika kamu tidak tahu jenis vaksin yang kamu butuhkan, cobalah mencari informasi mengenai tujuan traveling kamu, penyakit apa yang sedang mewabah, dan bagaimana penanganan dari pemerintah daerah tersebut.

Virus Corona

 Agar terhindar dari virus ini, sebaiknya kamu menghindari wilayah yang terkena wabah virus Corona. Pastikan juga kamu melakukan pencegahan dengan mengikuti tips pintar berikut ini:

  • Gunakan masker
  • Cuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol
  • Jauhkan tangan dari mata, mulut, dan hidung
  • Hindari kontak dengan orang-orang yang mengalami gejala terserang virus Corona ini
  • Kunjungi dokter jika kamu mulai merasakan gejala demam dan sakit tenggorokan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

 

Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.