Inspirasi Travel Tips

Jangan Grogi Saat Menghadapi Petugas Imigrasi dan Lakukan Tips Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pelesir ke luar negeri memang menyenangkan, bahkan bagi sebagian orang bisa pelesir ke berbagai negara menjadi sebuah keharusan. Sayangnya, bagi sebagian orang, menghadapi petugas imigrasi setiap kali pelesir ke luar negeri bisa jadi momen paling grogi. Ada kekhawatiran ditolak bertandang ke negara impian saat baru sampai bandara, ada juga rasa khawatir berkas-berkas mendadak bermasalah. Tentunya masih banyak lagi kekhawatiran. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa lolos dan menghadapi petugas imigrasi.

Jangan Sampai Melupakan Segala Persyaratan dan Persiapkan Sejak Awal

tips menghadapi petugas imigrasi
Dokumen yang akan diperiksa petugas imigrasi – pixabay.com

Perlu kamu ketahu jika syarat berlibur ke luar negeri di antaranya paspor yang masih berlaku sekiranya 6 bulan sebelum kadaluwarsa, visa bila perlu, dan tiket pulang pergi saat diperiksa petugas imigrasi bandara. Jadi saat kamu pergi, pastikan kamu sudah mempersiapkan hal tersebut agar kamu lebih siap saat ada pemeriksaan oleh petugas imigrasi. Selain hal tersebut, biasanya petugas pun memeriksa umur, jenjang pendidikan, serta kemampuan finansial kamu selama liburan. Maka selain kamu mempersiapkan dokumen inti, kamu juga persiapkan dokumen tambahan untuk menjelaskan beberapa hal tersebut.

Tunjukkan Pula Kemampuan Finansial Kamu Dengan Memperlihatkan Nominal yang Dimiliki

tips menghadapi petugas imigrasi
Kemampuan finansial pun diperiksa oleh petugas imigrasi – pixabay.com

Petugas imigrasi memang akan memeriksa kemampuan finansial kamu. Tapi bukan berarti yang pelesir ke luar negeri hanya berlaku untuk orang kaya, kok. Jangan khawatir. Kamu tidak perlu menimbun uang dengan nominal fantastis agar bisa pelesir ke negara-negara impian. Cukup perlihatkan nominal yang bisa memenuhi kebutuhan kamu selama liburan sampai kembali ke tanah air. Kamu bisa bawa dokumen atau print-out rekening bank dan kartu kredit. Kamu juga bisa memperlihatkan tanda pengenal pegawai atau surat yang ditandatangani atasan, jika kamu seorang pegawai swasta.

Agar Proses yang Kamu Jalani Cepat dan Ringkas, Serahkan Semua Syarat dan Dokumen Lainnya Bersamaan

tips menghadapi petugas imigrasi
Berikan dokumen serta persyaratan bersamaan kepada petugas imigrasi – gardencareer.jp

Mungkin jika kamu memerhatikan beberapa antrean di petugas imigrasi, ada yang lolos hanya dengan menunjukkan syarat yang fundamental. Bahkan orang tersebut hanya diajukan sedikit pertanyaan. Tapi tidak sedikit juga di antrean ada yang diajukan banyak pertanyaan dan diminta banyak dokumen. Tentu kejadian kedua membuat antrean cukup mandet dan merepotkan juga. Maka, pastikan kamu ajukan seluruh seluruh dokem yang kamu punya secara bersamaan agar tidak perlu menyita waktu banyak di antrean petugas imigrasi. persiapkan mulai dari paspor, visa, beserta bukti dokumen lainnya. Walaupun terkadang petugas hanya melihat syarat dasar dan mengajukan sedikit pertanyaan sebelum mengizinkan kamu masuk.

Hindari Grogi dan Jawab Pertanyaan Petugas Dengan Percaya Diri

tips menghadapi petugas
Percaya diri agar diizinkan masuk oleh petugas imigrasi -pixabay.com

Menghindari grogi memang sulit, tidak semua orang bisa mengatasi grogi dengan sekejap mata. Dngan kamu bisa menjawab pertanyaan petugas imigrasi apa adanya dengan cara memberi informasi yang lugas dan konsisten. Kamu pun tidak perlu grogi, bahkan seharusnya kamu bisa lebih tenang dan lebih percaya diri karena kamu sudah memberikan informasi yang cukup dan apa adanya.

Bicara Apa Adanya dan Jangan Coba-Coba Berbohong

Panik atau grogi memang wajar, tapi jangan sekali-kali kamu “asal bunyi” apalagi berbohong kepada petugas imigrasi. Pasalnya, petugas imigrasi akan menanyakan beberapa hal di antaranya soal data pribadi. Jika yang ditanya adalah status pekerjaan, kamu bisa jelaskan apa adanya jika kamu seorang pegawai swasta atau seorang pelajar yang hendak liburan. Jika kamu mencoba untuk berbohong, kamu bsia saja langsung ditolak bahkan masuk daftar cekal. Karena setiap percakapan yang kamu lakukan dengan petugas akan direkam untuk kebutuhan informasi dan tentu saja pihak imigrasi akan mencari kesesuaian data.

Bagaimana? Sudah cukup tenang dan siap jalan-jalan jauh dari rumah?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.