Inspirasi Travel Tips

Tips Jitu Agar Tidak Jadi Korban ‘Bon Bodong’ Saat Traveling

Pinterest LinkedIn Tumblr

Punya pengalaman tidak enak soal bill membengkak saat traveling? Kasus ‘bon bodong’ seperti ini memang seringkali terjadi kok. Melansir CNN Indonesia, dua turis asal Jepang merasakan hal yang sama saat makan di sebuah restoran bertempat di Roma, Italia. Kedua turis tersebut harus membayar tagihan makan sebesar kurang lebih 500 euro atau setara dengan Rp7,7 juta.

Padahal menu yang disajikan hanya menu pasta, ikan, dan air putih. Terlebih makanan yang disajikan tidak sebanding dengan porsinya yang kecil. Karena hal ini bukan sekali-dua kali terjadi, kamu perlu tahu bagaimana cara mengantisipasi jebakan bon bodong saat traveling.

Pelajari Bahasa Lokal Walau Hanya Sedikit

Bahasa bisa menjadi senjata utama kamu untuk terhindar dari bon bodong. Kamu tidak perlu pelajari yang rumit kok, minimal kamu bisa kalimat sederhana seperti kalimat sapa dan salam. Begitu kamu datang ke restoran, kamu bisa praktikkan bahasa tersebut dan pelayan pun akan menganggap jika kita memahami budaya lokal.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi penerjemah untuk menerjemahkan menu dalam bahasa lokal dan beberapa bahasa yang digunakan untuk situasi genting.

Cari Informasi Terlebih Dahulu Sebelum Mengunjungi Restoran

Upaya lain yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari bon bodong adalah mencari ulasan terpercaya. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Yelp atau TripAdvisor untuk melihat beberapa ulasan restoran yang akan kamu kunjungi.

Kamu bisa mengintip kolom komentar dan rating yang tertera di aplikasi tersebut. Namun, jangan asal telan bulat-bulat ulasannya ya! Pelajari dan cari tahu banyak informasinya. Pasalnya, ada pula ulasan buruk sengaja tertera untuk menjatuhkan nama restoran. Jika kamu merasa ulasan tersebut mengada-ngada, kamu bisa hiraukan ulasan tersebut.

Kamu juga perlu mencari tahu tentang budaya memberi tip di berbagai negara, karena tidak semua negara menerapkan budaya memberi tip. Sebut saja negara Jepang yang tidak membudidayakan menerima tip, karena terkesan meremehkan.

Selalu Teliti dan Cermat Dalam Membaca Menu

Hal ini tentu wajib kamu teliti, jika restoran yang kamu singgahi tidak menyantumkan harga pada buku menu. Berarti itu sinyal fatal dimana kamu memang harus angkat kaki dari restoran sesegera mungkin. Sebelum terkena jebakan bon bodong.

Kamu juga sebaiknya cari tahu apakah harga yang tertera pada buku menu sudah termasuk pajak atau belum, agar tidak salah hitung atau mencegah peluan pihak restoran memainkan harga menu.

Namun, jika kamu pelesir ke Negeri Ratu Elizabeth, Inggris, perlu mengetahui jika harga makanan dan minuman yang disantap di tempat dan take away biasanya dipatok berbeda.

Selalu Cek Ulang Apa yang Kamu Pesan

Selalu waspada dengan apa yang kamu pesan. Di Eropa, restoran ikan atau daging biasa memasang harga per gram. Kamu pun perlu mengetahui harga menu setelah ditimbang dan dimasak. Jika kamu punya bujet khusus untuk makan, jangan sekali-kali kamu meng’iya’kan tawaran menu di luar buku menu atau yang memang tidak kamu inginkan oleh pelayan. Dengan begitu, pelayan pun tidak bisa mengakali tagihan kamu.

Saat pembayaran pun sebaiknya kamu ikut dan melihat sendiri transaksi yang dilakukan oleh kasir atau pelayan. Hal tersebut mengantisipasi dari hal tidak diinginkan seperti mencegah pelayan usil yang mencatat nomor keamanan atau tagihan bengkak.

Jangan Mengabaikan Kesalahan, Laporkan Keluhan Kamu!

Terlanjur kena jebakan bon bodong? Tetap tenang dan ajukan protes kamu! Kalau ternyata pihak restoran mengelak dan kamu merasa dirugikan pihak restoran, jangan ragu untuk lapor ke pihak berwajib karena itu hak kamu.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.