Inspirasi Travel Tips

Tips Backpackeran Pertama ke Luar Negeri Tanpa Linglung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang tidak mau backpackeran keluar negeri? Pasti setiap orang punya impian masing-masing ke negara di luar Indonesia. Terlebih, saat ke luar negeri, kamu akan merasakan hal yang benar-benar beda mulai dari bahasa, budaya, hingga kebiasaan yang asing.

Walaupun rasanya menyenangkan untuk mencoba hal baru – merasakan hidup dengan budaya dan bahasa berbeda – namun bukan berarti backpackeran ke luar negeri tidak butuh persiapan loh! Pasalnya, karena berbagai jenis perbedaan yang kamu rasakan saat di rumah dan luar negeri membuat kamu perlu banyak persiapan. Setidaknya untuk bertahan hidup atau jaga diri selama di sana. Kamu juga harus bisa berhemat saat berada di luar negeri.

Jadi, untuk kamu yang baru mau backpackeran ke luar negeri, setidaknya persiapkan hal ini supaya kamu bisa jaga diri selama di sana.

Tandai Destinasi yang Akan Dikunjungi

Tips ini khusus untuk kamu yang senang membuat rencana liburan spontan nih. Kalau kamu ke luar negeri, sebaiknya kumpulkan dan rencanakan destinasi yang akan kamu kunjungi. Karena, jika kamu tidak merencanakan sebelumnya, kemungkinan besar kamu akan melewatkan momen terbaik di negara tersebut. Tidak mau kan menyesal kemudian setelah kembali ke rumah karena destinasi terlewat?

Pelajari Budaya dan Bahasa dari Negara yang Akan Dikunjungi

Jauh sebelum ke luar negeri, sebaiknya kamu cari tahu budaya dan tata krama negara tujuan. Kamu juga pelajari bahasanya selagi bisa, tidak perlu lancar – kamu bisa pelajari beberapa bahasa sederhana. Sehingga warga lokal lebih merasa dihargai, dan kamu jga tidak kesulitan untuk membiasakan diri selama di sana.

Perhatikan Musim dan Cuaca Saat Merencanakan Liburan

Jika kamu akan plesir ke negara sekitar Asia Tenggara, mungkin tidak akan berbeda dengan kondisi iklim Indonesia. Namun, jika destinasi kamu adalah wilayah Eropa dan daerah lain yang memiliki iklim beragam, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu. Ambil contoh jika kamu ingin plesir ke Jepang dan ingin merasakan sensasi salju, kamu bisa mengunjungi negeri sakura ini di bulan Desember atau awal tahun. Namun, jika kamu ingin melihat bunga sakura bermekaran, sebaiknya kamu kunjungi Jepang pada saat musim semi di bulan Maret hingga Mei.

Tidak Perlu Bawa Pakaian Banyak

Tantangan terbesar sebagai seorang backpacker adalah memanfaatkan seluruh space tas. Karena terbatasnya space, sehingga kamu perlu memilah barang-barang untuk masuk ke dalam tas. Tak terkecuali pakaian, kamu perlu memilah pakaian dengan cermat. Jika kamu bepergian ke negara dengan iklim dingin, kamu perlu membawa pakaian secukupnya yang setidaknya membuat tubuh kamu hangat.

Upaya lain yang bisa kamu lakukan setelah memilah pakaian adalah dengan menggulung pakaian saat packing, sehingga ruang yang tersisa pada backpack tersisa banyak.

Hemat Boleh, Tapi Kamu Juga Perlu Jajan

Hemat selama jalan-jalan memang perlu, apalagi budget kamu terbatas karena perkara konversi mata uang yang terbilang mahal dari harga rupiah. Tapi bukan berarti kamu tidak jajan sama sekali loh ya! Kalau kamu memang ingin plesir ke luar negeri, kamu perlu punya anggaran khusus untuk jajan. Setidaknya, saat kamu jalan-jalan – kamu mencoba jajanan pasar dan street food asli daerah tersebut. Sehingga jalan-jalan kamu lebih seru dan berkesan.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.