Kesehatan Kuliner

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Makanan Berikut!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Daya tahan tubuh  atau imunitas yang baik tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu. Dengan imunitas yang baik, tubuh kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit dan virus, khususnya saat  musim pancaroba dan maraknya penyebaran virus corona seperti sekarang ini. Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi lima makanan berikut yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas sekaligus mencegah virus menjangkit tubuh kamu. Apa saja makanan tersebut?

Baca Juga:

Brokoli

brokoli mampu meningkatkan daya tahan tubuh
Image source: @asophieacker

Dilansir dari Healthline, brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan mineral dan vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan sumber penyakit termasuk virus. Antioksidan dikenal sebagai molekul yang dapat mencegah proses oksidasi dan radikal bebas masuk pada sel dan organ tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan seperti brokoli secara rutin, maka organ tubuh kamu pun akan semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Jahe

tingkatkan imunitas tubuh dengan jahe
Image source: ediblend.com

Dilihat dari khasiatnya, jahe dapat mengurangi inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Bahkan, bila dikonsumsi secara rutin, jahe dapat menurunkan kolesterol dan mengatasi masalah penyakit kronis. Karena khasiat tersebut, tak heran bila jahe dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bahan ini bisa diolah dengan cara dikonsumsi air rebusannya atau dijadikan sebagai bumbu masakan.

Bawang Putih

bawang putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh
Image source: @herbalpreneurjakarta

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu bisa mengonsumsi bawang putih. Makanan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung senyawa sulfur. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu memperlambat pengerasan pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah. Jadi, pastikan kamu menambahkan bawang putih dalam makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Ikan Berlemak

tingkatkan imunitas dengan konsumsi ikan berlemak
Image source: @boulderlocavore

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang diketahui mampu melawan berbagai penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh. Asam lemak omega-3 juga dapat mencegah inflamasi, mengurangi gejala sindrom metabolik, dan mencegah penyakit autoimun. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi jenis ikan berlemak seperti tuna, sarden, dan salmon agar tubuh kamu mampu melawan berbagai penyakit dan virus yang tak diinginkan.

Jeruk

buah jeruk untuk daya tahan tubuh
Image source: @bekhanghi

Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Maka dari itu, buah ini disarankan untuk rutin dikonsumsi guna meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C sendiri dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang bermanfaat untuk melawan virus atau bibit penyakit.

Baca Juga:

 

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.