Inspirasi Kesehatan

Tidak Bisa WFH? Ini Cara Aman Saat Menggunakan Transportasi Umum

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini virus Covid-19 atau yang dikenal dengan sebutan virus corona telah menjadi pandemi dan mengguncang seluruh bagian negara di belahan dunia, termasuk juga di Indonesia. Semakin hari, orang yang terinfeksi virus tersebut jumlahnya cenderung terus meningkat. Salah satu penyebab yang berpotensi dalam penyebaran virus corona ini di antaranya adalah seringnya berada dalam kerumunan orang banyak. Terlebih lagi jika penderita sedang berada  di transportasi umum, misalnya ketika berada di dalam MRT, KRL serta Transjakarta. Walaupun kini banyak yang melakukan pekerjaan di rumah atau work from home (WFH), tetap saja masih ada kantor memberlakukan aturan ini.

Jika kamu termasuk yang kerap pergi sehari-hari dengan menggunakan transportasi publik, sudah seharusnya kamu untuk meningkatkan kewaspadaan atau melakukan tindakan preventif sedini mungkin. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan olehmu ketika berada dalam transportasi umum. Di antaranya sebagai berikut

Jika Bisa, Hindari Jam Sibuk

Tidak Bisa WFH? Ini Cara Aman Saat Menggunakan Transportasi Umum
pixabay.com

Tiap harinya, moda transportasi umum seperti MRT, KRL, Transjakarta, dan lainnya selalu dipenuhi banyak penumpang. Terlebih di saat jam sibuk seperti jam masuk kerja dan jam pulang kerja. Kondisi tersebut tentunya akan membuatmu berdesak-desakan. Sebaiknya, kamu mesti hindari terlebih dahulu untuk menaiki transportasi umum dengan kondisi seperti tersebut.

Meskipun demikian, jika memang benar-benar tidak dimungkinkan, kamu mesti memastikan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri. Karena dengan begitu, kamu tidak gampang tertular penyakit juka daya tahanmu cukup baik. Sebenarnya hal tersebut sudah cukup untuk menghindari virus tersebut.

Selama Perjalanan, Tahan Diri Untuk Tidak Makan dan Minum Dulu

Tidak Bisa WFH? Ini Cara Aman Saat Menggunakan Transportasi Umum
pixabay.com

Sebenarnya memang sudah terdapat aturan larangan untuk tidak melakukan aktifitas makan dan minum di beberapa moda transportasi umum seperti MRT, KRL dan Transjakarta. Namun, tetap saja masih ada penumpang yang melanggar aturan tersebut. Padahal hal tersebut cukup beresiko dalam penyebaran suatu virus. Dengan membuka makanan di dalam transportasi umum akan membuat terkontaminasi dengan bakteri juga virus. Terlebih, jika tanganmu sedang kotor karena menyentuh benda-benda di sekitar.

Dianjurkan sebaiknya kamu terlebih dahulu untuk makan dan minum di rumah sebelum menaiki transportasi umum tersebut. Juga pastikan cuci tangan hingga bersih. Makan dan minum di transportasi memang akan menghemat waktu, tapi cukup beresiko bagi kesehatanmu.

Jaga Jarak, Terlebih Saat Ada yang Terindikasi Sakit

Tidak Bisa WFH? Ini Cara Aman Saat Menggunakan Transportasi Umum
pixabay.com

Selalu waspada dan ketahui kondisi di sekitarmu. Terutama ketika sedang berada dalam transportasi umum. Cukup perhatikan kondisi penumpang di sekeliling kamu. Apakah ada yang terindikasi sedang mengalami sakit atau tidak. Jika terdapat penumpang yang terlihat menunjukan gejala sedang sakit, kalau memungkinkan, kamu bisa jaga jarak.

Untuk yang terbiasa menggunakan MRT dan KRL, sebenarnya hal mungkin akan sangat mudah untuk dilakukan karena disana kamu dapat pindah dari gerbong satu ke gerbong lainnya. Kesulitan akan terjadi jika menggunakan Transjakarta atau moda transportasi umum lainnya, solusinya pastikan maskermu sudah terpasang dengan baik. Bila sudah benar-benar tidak terasa nyaman, segera untuk turun di halte yang paling dekat.

Kurangi Penggunaan Smartphone

pixabay.com

Smartphone tidak hanya digenggam dan disentuh saja, tetapi juga kemungkinan bisa menempel di pipi dan mulut kamu saat menerima panggilan masuk. Hal ini sebaiknya dikurangi ya, karena kebersihan tanganmu menjadi tidak terjaga. Solusi terbaik adalah dengan memasukan smartphone kamu ke dalam tas. Ada fakta menyebutkan jika smartphone atau ponsel apapun merupakan salah satu benda yang paling kotor. Terdapat kuman dengan jumlah sekitar 25 ribu per inci persegi yang menempel di ponsel. Karena itu, kurangi menggunakan smartphone ketika berada dalam transportasi umum.

Di kondisi seperti ini, kamu wajib untuk selalu waspada dengan menjaga kesehatanmu. Hal tersebut dilakukan agar kamu terhindar dari berbagai macam jenis virus termasuk virus corona. Semoga sehat selalu ya!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.