Destinasi Sumatera

Tertarik Wisata Religi di Medan? 5 Destinasi Ini Bisa Jadi Pilihan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu cara traveling yang menarik adalah dengan berwisata religi. Wisata dengan berjalan-jalan ke tempat ibadah atau kawasan ziarah dapat menambah wawasan kita mengenai kebudayaan yang dijalankan berbagai pemeluk agama. Selain itu, wisata religi juga memberikan pengalaman unik dalam mengapresiasi keindahan arsitektur bangunan ibadah.

Kota Medan dapat menjadi pilihanmu untuk berwisata religi. Banyak tempat ibadah yang menarik untuk dikunjungi di kota ini. Lima di antaranya terangkum dalam ulasan berikut.

Masjid Raya Al-Mashun

Wisata Religi Medan - Masjid
Wisata Religi ke Masjid Raya Al-Mashun Medan | Image credit: instagram.com/koeri_ulinuha

Terletak di Jalan Sisingamangaraja, Masjid Raya Al-Mashun berdiri megah dengan arsitekturnya yang menawan. Masjid yang dibangun pada tahun 1906 ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli. Bentuknya terbilang unik karena memiliki denah berbentuk bujur sangkar dengan pintu yang terdapat pada salah satu sudutnya.

Arsitektur bangunan Masjid Raya Al-Mashun mengadopsi berbagai gaya seperti India, Arab, hingga Spanyol. Bagian sudut yang menarik pada bangunan masjid ini adalah jendela kaca patri. Terdapat ornamen floral yang didominasi warna biru dan kuning pada jendela ini.

Gereja Immanuel

Wisata Religi - Gereja Immanuel
Wisata Religi ke Gereja Immanuel Medan | Image credit: anthonynh.blogspot.com

Pada tahun 1921, berdiri sebuah gereja untuk memenuhi kebutuhan umat Kristen di Medan. Gereja yang kini bernama GPIB Immanuel ini masih mempertahankan arsitektur bergaya Eropa. Pada masa pendudukan Jepang, gereja ini sempat dijadikan gudang.

Keunikan arsitektur Gereja Immanuel salah satunya pada bagian depannya. Tidak seperti gereja pada umumnya yang memiliki menara di bagian depan samping, menara gereja ini terletak di bagian tengah depan. Maka bagian depannya tampak simetris dihiasi ornamen salib.

Vihara Gunung Timur

Wisata Religi - Vihara Gunung Timur
Wisata Religi ke Vihara Gunung Timur Medan | Image credit: instagram.com/niksonsihombing

Di Jalan Hang Tuah, terdapat sebuah bangunan klenteng yang dikenal dengan nama Vihara Gunung Timur. Arsitektur bergaya Tionghoa sangat kental melekat pada bangunan klenteng ini. Bentuk atapnya yang melengkung dihiasi dengan ornamen naga yang simetris.

Warna merah begitu mendominasi bangunan Vihara Gunung Timur. Tak ketinggalan lampion-lampion merah yang khas menggantung pada bagian muka bangunan. Dua patung kirin yang berada di kanan dan kiri pun akan menyambut siapa pun yang hendak masuk ke dalam klenteng.

Kuil Srhi Mariamman

Wisata Religi - Kuil Srhi Mariamman
Wisata Religi ke Kuil Srhi Mariamman Medan | Image credit: instagram.com/myrtaaa

Di selatan Kota Medan, tepatnya di dekat Sungai Sepit, berdiri sebuah kuil Hindu megah dengan bangunan yang begitu ikonik. Kuil yang dikenal dengan nama Shri Mariamman ini dibangun pada tahun 1884. Pembangunannya tak lepas dari sejarah kedatangan orang-orang Tamil ke Binjai.

Kuil ini sempat direnovasi secara besar-besaran di tahun 1991. Dari luar, bangunan ini tampak mencolok dengan atap kerucut dihiasi patung-patung dewa.

Graha Maria Annai Velangkanni

Wisata Religi Medan - Graha Maria Annai Velangkanni
Wisata Religi ke Graha Maria Annai Velangkanni Medan | Image credit: instagram.com/de_leeway

Salah satu tempat ibadah yang unik di Medan adalah Graha Maria Annai Velangkanni. Sekilas, bangunan ini tampak seperti sebuah kuil, namun sebenarnya bangunan ini adalah gereja Katolik. Arsitektur gereja ini mengadopsi gaya Indo-Mughal.

Bagian yang ikonik dari gereja ini adalah bentuk atap bertingkat tujuh yang diapit dengan dua menara berkubah. Untuk menuju ke bagian dalam gereja, terdapat dua buah balkon lerengan yang terhubung dari bagian halaman hingga lantai dua.

Baca juga Mengintip Pagoda Avalokitesvara, Pagoda Tertinggi di Indonesia

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.