Inspirasi Travel Tips

Terjadi Bencana Alam Saat Traveling? Ikuti Panduan Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat traveling, bisa saja kamu mengalami hal-hal yang tak terduga seperti bencana alam. Apalagi di awal tahun ini telah terjadi 24 kali gempa di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan gempa hari ini 2020 (6/2) terjadi 69 Km di Timur Laut Bangkalan, Jatim. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya jika kamu mengikuti panduan keselamatan dalam artikel ini.

Walaupun jarang terjadi, bencana alam seperti badai, banjir, tsunami, puting beliung, atau gempa bumi dapat terjadi saat traveling. Bencana alam bisa memakan korban jiwa dalam jumlah besar, menyebarkan penyakit, dan mengganggu fasilitas dan layanan publik.

Untuk menghindarinya, para traveler harus mengetahui risiko terjadinya bencana alam di lokasi tujuan. Mereka juga harus mengenali sistem peringatan dini sat terjadi bencana, rute evakuasi, dan lokasi perlindungan.

Temukan titik pertemuan saat terpisah saat traveling
Temukan lokasi pertemuan saat terpisah dari rombongan-independenttravelcats.com

Persiapkan diri sebelum terjadi bencana alam

panduan
Cari tempat perlindungan-unesco.org

Sebelum hal yang buruk terjadi, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Pastikan kamu mempersiapkan hal-hal berikut:

  • Dapatkan informasi yang lengkap: Ketahui kondisi darurat apa saja yang mungkin terjadi di wilayah yang akan kamu kunjungi.
  • Buat rencana: Tentukan lokasi pertemuan jika kamu terpisah dari keluarga atau teman-teman traveling kamu. Hal ini mungkin saja terjadi dalam situasi darurat seperti bencana.
  • Bawa perlengkapan penting: Beberapa barang bawaan yang harus dipersiapkan adalah persediaan P3K, fotokopi dokumen penting (seperti paspor, tanda pengenal, resep obat-obatan), dan juga daftar kontak darurat.
1 2
Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.