Inspirasi Travel Tips

Terdampar di Bandara? Gini Cara Handlenya Supaya Gak Panik!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pernah menonton film “The Terminal” yang dibintangi Tom Hanks? Film tersebut menampilkan Hanks yang terdampar di bandara dengan waktu yang tidak ditentukan. Memang rasanya tidak menyenangkan terdampar di bandara. Bahkan banyak kerugian yang dirasakan saat jadwal penerbangan tertunda baik dari pihak pelancong maupun travel agent dan maskapai. Apalagi jika kita mengaca kejadian ratusan traveler terdampar di bandara berbagai negara karena travel agent raksasa asal Britania Raya, Thomas Cook dinyatakan pailit.

Untuk itu, bagi kamu yang pernah merasakan – atau bahkan sedang mengalami – terdampar di bandara, jangan panik! Jika kamu terpaksa untuk tetap di bandara baik karena mengalami penundaan atau pembatalan penerbangan, sebaiknya kamu lakukan beberapa upaya berikut.

Santai dan Santun

Tetap tenang, tidak ada satupun orang yang senang terdampar di bandara. Walaupun kamu kesal, sebaiknya kamu tetap tenang dan tahan emosi ya. Apalagi kalau kamu berhadapan dengan petugas bandara. Percayalah, mereka pun panik saat situasi sedang genting seperti itu. Jadi, kamu harus tetap ramah dengan mereka ya, siapa tahu kamu bisa didahulukan saat meminta bantuan.

Malas Untuk Mengadu Kepada Petugas Bandara? Coba Mengadu di Media Sosial

Sebenarnya ada cara lain selain menjalin komunikasi lewat petugas di bandara, kamu bisa mengutarakan keluhan kamu di media sosial maskapai, atau yang bersangkutan dengan badan pariwisata. Lebih bagus lagi jika kamu bisa mengeluhkan masalah baik itu ke petugas bandara sekaligus ke media sosial yang bersangkutan. Walaupun solusinya tidak langsung didapatkan, namun apa salahnya kamu coba. Namun, harus ingat, utarakan keluhanmu dengan sopan ya!

Sebelum Komplen, Ketahui Dahulu Hak Kamu

Yang namanya kamu komplen, tentu kamu menuntut kewajiban maskapai, namun sebelum kamu komplen dengan pihak maskapai dan lainnya, pelajari dulu hak kamu. Pasalnya, dengan kamu membayar tiket untuk menggunakan fasilitas maskapai tersebut, kamu pun berarti sudah menyetujui syarat dan ketentuan dalam tiket. Akan jauh lebih aman lagi jika kamu membeli asuransi perjalanan saat kamu mempersiapkan diri untuk plesiran.

Istirahat Atau Manfaatkan Segala Fasilitas di Bandara

Saat terdampar di bandara, tentu akan terjadi tumpukkan penumpang untuk penerbangan berikutnya. Jika kamu harus menunggu lama, kamu bisa manfaatkan fasilitas yang ada. Di setiap bandara pasti menyiapkan spot khusus untuk kamu yang sedang transit atau bahkan yang tertahan penundaan jadwal penerbangan. Kamu bisa tanya petugas pesawat untuk kejelasan jadwal penerbangan, jika memang menghabiskan waktu lebih dari 6 jam, kamu bisa mencari tempat peristirahatan di bandara. Kamu juga bisa berkeliling di sekitaran bandara jika memang kamu msaih punya tenaga cukup. Jangan lupa, kamu perlu waspada dan pasang telinga untuk menyimak pengumuman agar tidak ketinggalan jadwal penerbangan.

Itulah beberapa tips untuk kamu jika kamu terdampar di bandara, apa ada sebagian dari kamu yang pernah mengalami kejadian ini? Jangan sampai cranky melulu ya!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.