Destinasi Indonesia Sumatera

Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Numero Uno

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat wisata di Sumatera Utara sudah terkenal hingga ke mancanegara. Siapa yang tak kenal dengan keindahan Danau Toba dan Pulau Samosirnya. Kedua objek wisata ini merupakan wisata alam di Sumatera Utara yang sekarang sedang digarap oleh pemerintah secara serius melalui perintah langsung dari Presiden Joko Widodo. Berdasarkan proyek pengembangan kawasan pariwisata, daerah di sekitar Danau Toba mulai dikembangkan tahun 2019 dan penyelesaiannya diharapkan bisa disaksikan pada tahun 2020.

Wisata alam di Sumatera Utara yang indah tak hanya Danau Toba dan Pulau Samosir. Provinsi yang berdekatan dengan Nanggroe Aceh Darussalam ini juga memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menakjubkan. Berikut ini Holamigo sudah merangkum 5 objek wisata lain yang seindah ikon wisata Sumut.

Danau Toba

wisata alam sumatera utara
Image Source @rekanbisnis

Jika membahas tempat wisata di Sumatera Utara yang terkenal orang pasti akan langsung menyebut Danau Toba. Danau dengan luas 1.145 km2 ini diperkirakan merupakan hasil bentukan dari letusan supervolcano Gunung Toba. Letusan ini terjadi kira-kira 74.000 tahun yang lalu. Danau toba merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika dan terluas di Asia Tenggara.

Pulau Samosir

tempat wisata di sumatera utara
Image Source Flickr.com/Yopie Pangkey

Wisata alam di Sumatera Utara yang terkenal setelah Danau Toba pastinya Pulau Samosir. Pulau yang terletak di tengah danau Toba ini memiliki beragam objek wisata, contohnya makam yang terbuat dari batu yang usianya diperkirakan sekitar 500 tahun. Ada juga rumah-rumah adat tradisional Batak beserta kebudayaannya yang menarik. Pulau ini juga memiliki beberapa objek yang belum tergali, seperti Danau Aek Natonang atau Danau Sidihoni. Selain itu ada juga air terjun yang memiliki air yang jernih.

Pantai Tureloto

wisata alam di sumatera utara
Image Source @shinta_h

Pantai yang menjadi tempat wisata di Sumatera Utara ini memilki keunikan tersendiri, yaitu hamparan batu karangnya ada yang berbentuk seperti otak manusia. Jadilah orang-orang lokal di sekitar pantai menyebutnya Batu Otak. Objek wisata yang ada di Kabupaten Nias Utara ini memiliki batu karang raksasa dengan bentuk bundar yang terletak di bibir pantai. Jarak pantai ini dari pusat Gunung Sitoli sekitar 60 km dan dari Bandara Bhinaka sekitar 80 km.

Pantai Gawu Soyo

wisata alam di sumatera utara
Image Source @djani.us

Letak wisata alam ini berada di Desa Ombolata, Nias Utara. Pantai Gawu Soyo belum banyak diketahui oleh orang sehingga disebut surga tersembunyi. Pantai ini adalah satu-satunya pantai di Sumatera yang berwarna pink. Menurut legenda warna pasir ini diakibatkan oleh pertumbahan darah yang terjadi di pantai tersebut.

Air Terjun Sipiso-piso

Image Source Flickr.com/chairilg

Objek wisata air terjun ini adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang ikonik. Tingginya mencapai 120 meter menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Letak air terjun Sipiso-piso ada di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Kata “piso” sendiri berarti pisau seperti penampakan air terjun ini jika dilihat dari jauh.

Pemandian Aek Manik

Image Source @muallem94

Lelah bermain ke pantai, pelancong bisa mampir ke wisata alam yang berupa pemandian. Nama tempatnya adalah Pemandian Aek Manik yang terletak di kebun teh Sidamanik di Siantar. Airnya sangat jernih sampai-sampai terlihat hingga dasarnya. Hanya saja untuk bisa menikmati air sejuk di pemandian ini, pengunjung harus melewati anak tangga yang lumaya curam dan tinggi. Namun semua lelah akan terbayar ketika menyaksikan pemandangan di sini.

Baca juga Tempat Wisata di Kepulauan Riau yang Memikat

Mencari tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik rasanya tak sesulit mencari waktu yang untuk berlibur, bukan begitu?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.