Inspirasi Kesehatan

Teh Nikmat yang Mampu Menangkal Keluhan Insomnia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Gangguan tidur yang membuat penderitanya jadi sulit tidur – dikenal sebagai insomnia – sudah menjadi penyakit yang paling sering menyerang siapapun. Umumnya orang akan mengangulanginya dengan minum susu, mandi dengan air hangat, dan melakukan beberapa aktifitas relaksasi tubuh. Namun, ada cara lain yang bisa diupayakan saat terhadang oleh insomnia yaitu dengan minum teh.

Pemicu insomnia sendiri tidak main-main. Biasanya insomnia bisa menyerang karena beberapa faktor seperti sinusitis, masalah pencernaan, arthritis, asma, masalah saraf, sakit kronis dan sakit punggung bawah. Namun tidak semua insomnia ditimbulkan karena hal-hal tersebut loh! Penderita insomnia pun bisa rentan karena faktor lain seperti depresi, stres, marah berkepanjangan, trauma, bahkan sedih. Maka, merelaksasi tubuh bisa menjadi kunci utama agar pengidap insomnia dapat tidur sesegera mungkin.

Walaupun teh pun memiliki kandungan kafein layaknya kopi. Hanya saja kandungan kafein pada teh jauh lebih sedikit, terlebih minuman ini membikin tubuh lebih rileks dan siap untuk tidur. Berikut rekomendasi teh dari CNN Indonesia untuk kamu yang sedang melawan insomnia.

Chamomile

Teh Chamomile (pixabay.com)

Chamomile sudah dikenal lama sebagai obat penenang alami yang membuat pengidap insomnia cepat tertidur. Bunga ini mengandung zat apigenin, atau sejenis flavonoid yang bisa mempengaruhi reseptor benzodiazepine yang ada di dalam otak. Selain itu, chamomile pun dapat bekerja seperti anti-inflamasi untuk meredakan sakit tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsi minuman chamomile ini 30 menit sebelum tidur agar tubuh cepat relaks dan mengantuk.

Lemon Balm

Teh Lemon Balm (pixabay.com)

Lemon Balm Рyang merupakan sejenis tanaman salah satu keluarga dari daun mint ini Рbiasanya diandalkan sebagai obat alami penenang tubuh. Karena beberapa manfaat dari lemon balm sendiri diantaranya  mengurangi stres, pencernaan, cemas dan bisa membantu meredakan demam.

Lavender

Teh Lavender (pixabay.com)

Jika sebagian besar orang mengetahui bunga lavender sebagai bahan utama untuk anti-nyamuk. Lavender pun memiliki khasiat yang luar biasa bagi para pengidap insomnia agar lebih relaks. Kamu bisa menikmati secangkir teh lavender sebelum tidur. Sehingga tubuh menjadi rileks, pikiran lebih tenang, dan cepat terlelap tidur. Selain untuk relaksasi, lavender pun memiliki berbagai khasiat lain diantaranya meredakan gejala bronkitis, asma dan demam.

Kayu Manis

Teh Kayu Manis (publicdomainpictures.net)

Kamu mungkin akan suka menyantap kayu manis jika dalam wujud cinnamon roll atau masala chai latte, mungkin seharusnya kamu pun dapat menikmati minuman satu ini. Pasalnya, kayu manis memiliki segudang manfaat bagi tubuh, termasuk untuk mempersiapkan tubuh sebelum tidur. Kayu manis pun dapat mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem imun, melancarkan pencernaan, dan terakhir untuk mengurangi inflamasi.

Bagi kamu yang mengalami insomnia, teh yang mana kira-kira tertarik kamu coba?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.