Destinasi Indonesia Sumatera

Tanjung Kelayang, Destinasi Wisata Unggulan di Belitung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tanjung Kelayang yang berada di Pulau Belitung termasuk ke dalam 10 destinasi wisata prioritas yang akan dibuat menjadi Bali baru di Indonesia. Wisata alam ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK berdasarkan PP No. 6 Tahun 2016. Wisata alam di Tanjung Kelayang ini mempunyai keunggulan geostrategis karena letaknya berada di antara Indonesia dan negara ASEAN.

Wisata alam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki luas sebesar 324,4 Ha. KEK Tanjung Kelayang memiliki objek wisata bahari yang indah. Di sini banyak sekali pantai yang berhiaskan pasir putih dan batuan granit raksasa. Keduanya menjadi ciri khas dari pantai yang berada di kawasan pariwisata prioritas ini.

Selain pantai, pulau-pulau kecilnya pun tak kalah indahnya. Kalian pasti pernah menonton film Laskar Pelangi. Nah, lokasi syuting film ini berada di salah satu pantai yang ada di kawasan Tanjung Kelayang. Yuk, kita menjelajah pulau dan pantai di kawasan Bali baru ini.

Pantai Tanjung Kelayang

Wisata alam
Image Source @jimieafrian

Objek wisata alam ini merupakan lokasi syuting film “Laskar Pelangi” selain Pantai Tanjung Tinggi. Dari pantai ini kalian akan menemukan Pantai Lengkuas yang di area tersebut terdapat sebuah mercusuar. Pantai Tanjung Kelayang berada di Kecamatan Sijuk. Jaraknya sekitar 27 Km dari Tanjung Pandan. Di sini terdapat batu Kepala Burung Garuda yang terletak di tengah laut. Batu tersebut menjadi mascot pantai yang indah ini. Di tiap bulan Oktober banyak kapak yacht yang datang untuk ikut dalam acara Sail Indonesia.

Pantai Tanjung Tinggi

tanjung kelayang
Image Source @fajarnasution

Selain Pantai Tanjung Kelayang, pantai lain yang menjadi lokasi syuting film “Laskar Pelangi” dan “Sang Pemimpi” adalah Pantai Tanjung Tinggi. Di pantai ini ada papan yang bertuliskan “Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi”. Kalian bisa berfoto di situ. Jarak pantai ini dari Tanjung Pandan sekitar 30 Km. Kalian bisa menyaksikan batu-batu besar di sepanjang pesisir pantainya. Yang pasti, pantai ini memiliki pasir putih. Kalau lapar, kalian bisa menikmati santapan seafood di restoran yang terdapat di pantai ini.

Pantai Tanjung Pendam

wisata alam
Image source Flickr.com/Hernando Ramsis

Letak wisata alam Tanjung Kelayang ini berada di Kota Tanjung Pandan. Luas areanya kira-kira 22 hektar. Di depan pantai Tanjung Pendam terdapat sebuah pulau bernama Kalamoa. Di pulau tersebut terdapat tempat peribadatan penduduk Tionghoa. Pantai ini memiliki fasilitas penunjang, seperti taman rekreasi, restoran, panggung hiburan, pasar seni, shelter, arena olahraga dan fasilitas lainnya.

Pulau Lengkuas

Image source @pergidulu

Di pantai ini kalian bisa menemukan sebuah mercusuar peninggalan Kolonial Belanda. Mercusuar ini dibangung pada tahun 1882. Dari atas menara yang memiliki ketinggian 70 m ini kalian bisa melihat pemandangan laut yang memesona. Di daerah yang berdekatan dengan pulau ini terdapat beberapa taman laut yang memiliki biot laut yang beraneka ragam. Di ke dalaman laut juga terdapat sebuah kapal yang tenggelam di sekitar tahun 1990 yang bernama Indomarine.

Pulau Batu Belayar

Image Source @bmctourbelitung

Pulau kecil yang merupakan wisata alam di Tanjung Kelayang ini adalah sebuah pulau dengan beberapa batu granit di tengahnya. Batu tersebut berada di atas pasir putih. Dari pantai Tanjung Kelayang jarak tempuhnya kira-kira 10 menit dengan menggunakan perahu nelayan. Pulau ini akan tergenang permukaannya saat air laut pasang. Di sini kalian juga bisa snorkeling menikmati terumbu karang dan berbagai jenis ikan.

Baca juga Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Numero Uno

Tanjung Kelayang memang layak masuk dalam destinasi wisata prioritas karena keindahan objek wisatanya. Apakah kalian tidak tertarik untuk menyaksikan keindahannya?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.