Internasional Seni dan Budaya

Tambah Bucket List Liburanmu dengan 4 Museum Unik di Berbagai Negara Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi museum menjadi pilihan yang sangat menarik. Jika kamu hobi traveling ke berbagai negara, tidak ada salahnya untuk mampir menikmati ragam museum yang ada di beberapa tempat. Dalam ulasan Holamigo kali ini, terangkum empat museum unik di berbagai negara yang layak dimasukan ke dalam bucket list liburanmu.

CupNoodles Museum Osaka Ikeda, Osaka, Jepang

CupNoodles
Image credit: cupnoodles-museum.jp

Suka makan mie instan? Kamu wajib memasukan museum yang unik satu ini ke bucket list-mu. CupNoodles Museum Osaka Ikeda di Jepang menampilkan informasi mengenai sejarah ramen instan, berikut dengan pertumbuhan industrinya.

Di sini pun, kita bisa mengunjungi bagian “My CupNoodles Factory” untuk belajar membuat ramen cup sendiri. Ada salah satu sudut museum yang memajang seluruh jenis produk ramen Nissin yang diproduksi di seluruh dunia.

Sulabh International Museum of Toilets, New Delhi, India

Museum Unik - Sulabh
Image credit: sulabhtoiletmuseum.org

Di New Delhi, India, ada sebuah museum unik yang menampilkan koleksi berbagai jenis toilet. Dengan nama Sulabh International Museum of Toilets, museum ini sudah berdiri sejak tahun 1992. Pendiriannya tak lepas dari seorang aktivis sosial dan founder Sulabh Sanitation and Social Reform Movement, Dr. Bideshwar Pattak.

Pada dasarnya, museum ini didedikasikan untuk sejarah sanitasi dunia. Koleksinya yang berupa artefak sanitasi dan toilet di museum ini dihimpun dari sekitar 50 negara. Informasi sejarah mengenai sanitasi yang ditampilkan, terhitung sejak 3000 tahun sebelum Masehi, hingga pengembangan teknologi toilet di era modern.

Cancun Underwater Museum, Cancun, Meksiko

Mar-Caribe
Image credit: musamexico.org

Museum unik selanjutnya berada di kedalaman 3 hingga 6 meter perairan Cancun, Meksiko. Museum ini menampilkan sekitar 400 buah batung yang sengaja dibuat untuk membentuk karang buatan di dasar laut.

Karya-karya patung tersebut dibuat oleh seniman Jason deCaires Taylor. Ia membuat patung-patung tersebut dari material yang ramah lingkungan. Untuk menikmati seluruh karya di museum ini, pengunjung harus melakukan diving atau snorkelling.

International Spy Museum, Washington D.C, Amerika Serikat

Image credit: spymuseum.org

Berdiri sejak tahun 2002 di Washington D.C., International Spy Museum menyajikan informasi mengenai dunia intelijen. Mulai dari mesin kode Enigma buatan Jerman, hingga perangkat yang digunakan agen rahasia KGB, ditampilkan dalam museum ini.

Koleksi yang dimiliki museum unik ini mencapai 750 buah artefak. Informasi yang disajikan museum ini pun mencakup sejarah intelijen dari masa Yunani Kuno, Abad Pertengahan, Masa Renaissance, Revolusi Amerika, hingga Perang Dunia.

Baca juga Liburan ke 4 Museum Seni Terbaik di Amsterdam

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.