Destinasi Indonesia Jawa

Sungai Maron Pacitan, Sungai Amazon di Jawa Timur

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia yang berada di Amerika Selatan dan nomor satunya adalah Sungai Nil di Afrika. Tahukah kamu kalau tempat wisata di Indonesia juga ada yang mirip dengan sungai terpanjang tersebut? Namanya Sungai Maron Pacitan. Objek wisata ini merupakan sebuah aliran sungai dengan airnya yang jernih dan dihiasi pepohonan rindang di kanan-kirinya. Penasaran dengan penampakan sungai ini? Simak artikel Holamigo berikut.

Sungai maron pacitan, Tempat wisata di Indonesia, sungai amazon
Instagram @luceboediarso

Sungai Maron Pacitan terletak di Desa Dersono, Kabupaten Pacitan. Yang unik dari sungai ini yaitu airnya memiliki warna agak kehijauan. Meskipun tampak kehijauan, air di sungai ini justru bersih juga masih alami. Lingkungan yang dilewati sungai ini dihiasi pemandangan terutama tanaman sungai, pohon kelapa, juga hewan-hewan lainnya seperti di Hutan Amazon. Maka tak heran jika orang-orang banyak yang mengatakan sungai ini sebagai Sungai Amazon-nya Indonesia.

Penghasil Batu Akik

Sungai maron pacitan, Tempat wisata di Indonesia, sungai amazon
Instagram @sutoponagasaboy

Ternyata Sungai Maron Pacitan merupakan penghasil batu akik yang cukup tenar. Namun karena batu akiknya terlalu banyak diekplorasi sehingga sungai pun menjadi terancam. Pemerintah akhirnya melarang melarang penambangan batu akik di sana. Agar nama tempat wisata di Indonesia itu tetap dikenal maka pemerintah menyelenggarakan pagelaran lomba dayung.

Biaya Sewa Perahu

Instagram @rozafitri3770

Tempat wisata di Indonesia yang berada di Jawa Timur ini merupakan jenis wisata susur sungai karenanya pengunjung perlu menyewa perahu untuk bisa menyusuri Sungai Amazon-nya Indonesia ini. Perahu sewaan ini tersedia di dermaga. Biaya sewa perahu yang bisa menampung maksimal 6 orang ini seharga Rp100.000~Rp150.000. Lamanya perjalanan menyusuri Sungai Maron Pacitan sampai ke titik muara yang berada di Pantai Ngiroboyo sekitar 45 menit. Setibanya di Pantai Ngiroboyo, pengunjung bisa singgah sebentar atau langsung kembali ke dermaga. Jika ingin singgah, pengunjung harus membayar uang kepada pengelola pantai sebesar Rp5.000 supaya perahu bisa menunggu kemudian mengantarkan pengunjung pulang lagi. Oh iya, kedalaman sungai ini sekitar 20 meter.  Bagi yang ingin berenang, ada beberapa spot dangkal yang bisa dijajal. Pengemudi perahu biasanya akan memberikan informasi bagian sungai yang dangkal yang aman untuk berenang.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Sungai Maron Pacitan ini, pengunjung harus membayar tiket seharga  kurang lebih Rp5.000. Pengunjung juga akan dimintai biaya parkir jika datang menggunakan kendaraan. Biaya parkir sekitar Rp10.000.

Baca juga:

The Great Asia Africa, Tempat Wisata Bandung Baru di Lembang

Pantai Kasap Pacitan, Tempat Wisata yang Mirip Raja Ampat Papua

Serunya Menikmati Arung Jeram di Sungai Citarum

Ingin mencoba liburan anti-mainstream? Cobalah kunjungi Sungai Maron Pacitan, Sungai Amazon-nya Indonesia.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.