Inspirasi Kesehatan

Suka Terngiang Lagu Tertentu? Kenali Istilah ‘Earworm’

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pernahkah kamu mengalami kejadian satu ini; pelesir menggunakan kereta, kemudian menghadap ke jendela dan tiba-tiba kamu bersenandung satu bagian lagu berulang kali? Atau mungkin kamu pernah teringat satu bagian lagu Wonderwall dari Oasis seperti “…because maybe, you’re gonna be the one who saves me” yang terus menerus terputar di kepala kamu, walaupun kamu bersikeras untuk berhenti mengingatnya. Bisa jadi kamu sedang diserang ‘earworm‘.

Fenomena earworm ini adalah situasi dimana seseorang merasakan satu lagu terngiang-ngiang dibenaknya seolah sedang ditempeli lagu tersebut. Percaya atau tidak – orang yang terserang earworm bisa terus memutar lagu yang sama di kepalanya dalam kurun waktu satu hari. Bahkan bisa berminggu-minggu, loh!

Oliver Sack, seorang ahli syaraf dalam bukunya Musicophilia mengungkapkan jika fenomena earworm adalah tanda sensitivitas otak terhadap musik. Earworm pun menunjukkan jika ada bagian pada pikiran kita yang berada di luar kontrol. Maka tidak heran jika kita sedang terkena earworm terhadap satu lagu, kamu tentu akan terjebak di lagu tersebut, bahkan kamu pun tidak bisa mengusirnya.

Pemicunya sendiri pun beragam, pada sebuah studi di jurnal Psychology of Music dijabarkan berbagai penyebab munculnya earworm.

Paparan Lagu Yang Berulang

Sebut saja kamu dalam perjalanan dari Bandung ke Jakarta menggunakan kereta, selama kurang lebih 3 jam kamu hanya memutar satu album ‘Blue Album‘ dari Weezer. Bukan tidak mungkin setelah kamu sampai di Jakarta, akan terngiang lirik “Ooo.. weee.. ooo… I look just like Buddy Holly” beserta nada dan suara overdrive gitarnya. Maka, ketika kamu terserang fenomena ini, otak seketika memutar lagu dan seolah terdengar identik. Fenomena ini pun terjadi karena saat proses mengingat begitu terpengaruh oleh pengulangan. Hal ini pun tidak hanya berlaku untuk lagu yang disukai, ini pun berlaku untuk lagu yang tidak kamu sukai.

Kamu Punya Ingatan Spesifik Dengan Beberapa Lagu

Pernah gak sih merasa tiba-tiba nostalgia karena mendengarkan satu lagu? Atau kamu tiba-tiba teringat satu lagu karena kamu sedang jalan-jalan ke satu tempat? Sebut saja contohnya kamu sedang berada di satu restoran, tiba-tiba kamu teringat lagu Easy dari Commodores karena saat pertama kali mengunjungi tempat tersebut, suasana hati kamu sedang sendu. Jadi, tidak heran earworm pun tiba-tiba datang menghampiri, karena kamu punya ingatan yang spesifik terhadap lagu tertentu.

Suasana Hati Dapat Memancing Earworm Untuk Hadir di Kepala Kamu

Setiap orang pasti punya lagu yang melekat di benaknya sesuai suasana hatinya. Misalnya, suasana rindu rumah dan kamu dalam perjalanan mudik, mungkin kamu hanya punya mood untuk mendengarkan lagu Home dari Michael Buble atau Home is Where the Heart is dari Lady Antebellum. Suasana seperti ini membuka kemungkinan besar untuk kamu terserang earworm.

Mengobati Pikiran Dari Serangan Earworm

Jika kamu mungkin menikmati proses earworm-nya, maka kamu tidak akan merasa terganggu. Namun, jika kamu tidak bisa menikmati earworm-nya dengan berbagai alasan. Memberi sugesti kepada otak untuk memberhentikan lagunya pun akan terasa sia-sia, karena fenomena earworm adalah fenomena otak di luar kendali kita sendiri. Salah satu cara yang dipercaya ampuh untuk mengatasi bahkan menyembuhkan diri dari fenomena ini adalah dengan menyanyikan lagu tersebut sampai tuntas. Namun, jika hal tersebut tidak berhasil, kamu perlu distraksi yang jauh lebih kuat dan jauh keterkaitannya dengan lagu tersebut.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.