Informasi Travel Tips

Suka Kopi? Yuk, Kenali Perbedaan Antara Kopitiam Dengan Kopi ala Coffee Shop!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Yang cinta dengan berbagai macam jenis kopi, seharusnya sudah tidak asing dengan jenis kopi satu ini. Kopitiam, yang berasal dari dua terminologi, kopi dari bahasa Melayu dan tiam dari bahasa Hokkien yang berarti kedai. Kebanyakan Kopitiam tersebar di berbagai daerah, mulai dari Malaysia, Singapura, dan beberapa bagian di Indonesia seperti Batam, Pekanbaru, Bandar Lampung dan Medan. Jenis kedai satu ini biasanya menyajikan menu sarapan pagi seperti roti bakar dengan berbagai topping seperti ham, telur, srikaya, coklat, dan lain sebagainya. Minumannya pun selain kopi hitam, ada pula kopi dengan kental manis, serta Milo.

Biasanya coffee shop mengusung menu dan konsep western atau mengusung tema akulturasi Asia dan Western. Terlihat dari jenis kopi yang beragam dengan berbagai metode mulai dari manual brew, espresso, dan kopi susu tradisional. Belum lagi, berbagai jenis pastry pun biasanya tersaji di tempat ngopi jenis coffee shop ini. Mungkin dari segi deskripsi yang dipaparkan sebelumnya, akan terlihat jelas mengapa coffee shop kekinian berbeda dengan Kopitiam, namun mengutip National Geography Indonesia, sebenarnya ada perbedaan yang signifikan dari kedua kedai kopi tersebut.

Alat yang Digunakan Untuk Membuat Kopi Terbilang Tradisional
Kopitiam biasanya menggunakan alat tradisional untuk membuat kopi nikmat. Walaupun manual brew bisa dibilang teknik membuat kopi yang tidak sederhana layaknya para barista membuat kopi menggunakan coffee machine. Namun, biasanya Kopitiam menggunakan teko berleher panjang, kuali besar, serta saringan panjang untuk membuat kopi dengan rasa dan aroma yang kuat. Biasanya, kopi yang dibuat menggunakan alat tradisional tersebut disebut dengan Kopi Tarik.

Berbagai Macam Jenis Kopi di Menu Kopitiam
Jika di kedai kopi modern atau coffee shop kekinian memiliki menu yang beragam, dan tidak jarang banyak inovasi yang dibuat agar sajian kopi lebih menarik. Berbeda dengan Kopitiam yang memiliki standar sendiri terhadap menu kopinya.

Pada menu kopi di Kopitiam terdapat berbagai jenis, tergantung dari racikan kopi itu sendiri. Seperti Kopi-O yang berarti campuran kopi hitam dan gula, kemudian ada kopi-O kosong yang berarti kopi hitam tanpa campuran apapun, kopi peng yaitu campuran es kopi dengan gula, kopi-C yaitu campuran kopi dengan kental manis dan gula, dan yang terakhir ada kopi yuan yaitu campuran kopi dengan teh.

Beda Kedai Kopi, Jenis Susu yang Digunakan pun Berbeda
Percaya atau tidak, walaupun kedua kedai ini menghasilkan kopi susu, namun rasa yang dihasilkan tentu berbeda baik itu dari segi rasa manis yang dihasilkan atau ketebalan rasa krimnya. Jika kopi susu ala coffee shop menggunakan susu UHT sebagai based susunya, sementara kopi susu ala Kopitiam menggunakan susu evaporasi sebagai based susunya. Maka tidak heran jika kopi susu Kopitiam menghasilkan rasa yang kuat dari kopi serta susunya yang terasa lebih tebal dari kopi susu ala coffee shop.

Kopi Nikmat Tidak Cukup Tanpa Kudapan
Jika kedai modern menyediakan berbagai macam pastry atau kudapan gurih seperti french fries, tentu berbeda jika mengunjungi Kopitiam. Seperti disinggung di awal, Kopitiam menyediakan berbagai macam rasa roti bakar. Namun, tidak jarang pula jika di Kopitiam pun menyediakan makanan berat seperti kwetiaw goreng, mie goreng, ataupun berbagai hidangan nasi.

 

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.