Destinasi Indonesia Jawa

Situs Penjara Banceuy, Saksi Ketika Soekarno Ditahan di Bandung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak destinasi wisata sejarah yang dimiliki kota Bandung. Kota ini pun pernah menjadi saksi masa muda Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno. Salah satu tempat bersejarah yang menyimpan kisah Soekarno di Bandung adalah Penjara Banceuy. Letak penjara ini tidak jauh dari Alun-Alun Kota Bandung.

Cari Paket Liburan ke Bandung

Di antara jajaran toko di Jalan Banceuy, situs Penjara Banceuy dibuka bagi siapa pun yang ingin mengetahui perjuangan Soekarno dalam membela tanah air. Tempat ini dahulunya merupakan sebuah komplek penjara milik pemerintah Hindia Belanda. Kini bangunan penjara ini sudah tidak tersisa lagi, kecuali menara penjara dan sebuah replika kamar tahanan Soekarno.

Penahanan Soekarno di Bandung

Pada tahun 1929, Soekarno ditangkap oleh aparat Hindia Belanda di Yogyakarta setelah menghadiri pertemuan Partai Nasional Indonesia (PNI). Ia ditangkap karena tuduhan telah melakukan makar dan menyebarkan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda. Dari Yogyakarta, Soekarno dibawa ke Bandung dan langsung dipenjarakan di Banceuy.

Selama di penjara, Inggit Garnasih, istri Soekarno, menyeludupkan buku-buku bacaan bagi suaminya itu ke dalam penjara. Soekarno membutuhkan buku-buku tersebut dalam menuliskan pleidoi yang kemudian akan dibacakan di gedung pengadilan.

Tak hanya Soekarno, pada saat itu ada 3 anggota PNI lain yang ditahan, yakni Gatot Mangkupraja, Supriadinata, dan Maskun. Setelah melakukan hukuman tahanan selama 8 bulan, mereka kemudian menjalankan pengadilan. Soekarno pun membacakan isi tulisan pleidoinya selama pengadilan. Peristiwa tersebut kemudian dikenal dengan peristiwa Indonesia Menggugat.

Kini kita bisa melihat kondisi kamar tahanan Soekarno selama dipenjara di Banceuy. Kamar tersebut ukurannya sangat kecil dan tidak sehat. Namun di kamar itulah tempat Soekarno memikirkan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Image credit: instagram.com/mromiario

Selain kamar tanahan Soekarno, di Situs Penjara Banceuy pun kita dapat mengetahui sejarah Soekarno di Bandung pada infografis yang ditampilkan di dinding. Informasi tersebut merangkum perjalanan hidup Soekarno semasa kuliah di Technische Hoogeschool te Bandoeng (kini ITB), kemudian kisahnya menikah dengan Inggit Garnasih, hingga proses penangkapannya bersama 3 anggota PNI lain.

Salah satu sudut yang ikonik di situs ini adalah patung Soekarno yang dilapisi cat tembaga. Patung ini tampak menggambarkan Soekarno yang tengah duduk berpangku kaki. Di tangan kirinya terdapat sebuah buku, sementara di tangan kanannya terdapat sebuah pena. Alih-alih memperlihatkan sosok Soekarno yang bergelora, patung ini justru mewakili karakter Soekarno yang kontemplatif.

Baca juga Menguak Benteng Van Der Wijck

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.