Travel Tips

Serangan Jantung Bisa Terjadi Saat Traveling, Ini Tips Pencegahannya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dunia maya dihebohkan dengan kabar Asraf Sinclair yang meninggal dunia. Suami BCL ini dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya karena serangan jantung. Penyakit ini memang di kenal dapat menyerang tiba-tiba. Pelajari cara mengatasi gejala serangan jantung, khususnya saat sedang traveling.

Memiliki riwayat penyakit jantung bukan berarti kamu tidak boleh melakukan perjalanan ke tempat yang jauh. Bahkan ternyata pencegahan sederhana bisa membantu kamu terkena serangan jantung saat dalam perjalanan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membawa obat-obatan untuk penyakit jantung kamu. Selain itu, sebaiknya kamu membawa salinan resep obat yang sedang kamu konsumsi. Hal ini untuk berjaga-jaga jika obat yang dibutuhkan habis atau hilang.

Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dan memberitahukan rencana perjalanan kepada dokter pribadi kamu. Mungkin saja ia memiliki referensi dokter terbaik di lokasi tujuan kamu jika kondisi penyakit jantung kamu memburuk. Jangan lupa juga untuk menyimpan nomor kontak dokter pribadi kamu ya!

Serangan jantung dan lokasi tinggi

gejala serangan jantung
menjelajahi alam-followmeaway.com

Bepergian ke lokasi tinggi seperti pegunungan mungkin bisa menimbulkan potensi serangan jantung. Tapi kamu tidak perlu khawatir jika kondisi medis kamu terkontrol dengan baik. Tetapi berhati-hatilah dengan konsumsi cairan dan asupan natrium (garam) jika kamu memiliki penyakit kardiomiopati atau riwayat gagal jantung. Asupan cairan yang seimbang penting jika kamu mengalami kondisi tersebut.

Lokasi yang tinggi memiliki potensi yang lebih tinggi memicu gejala penyakit jantung jika kamu memiliki penyakit arteri koroner. Kandungan oksigen yang tipis dapat mempengaruhi kadar oksigen dalam darah kamu. Jantung harus bekerja lebih keras walau dalam keadaan kurang oksigen. Hal ini tentunya dapat memperbesar kemungkinan munculnya gejala penyakit jantung, terutama jika aliran darah dalam tubuh mengalami penyumbatan.

Penyakit jantung dan penerbangan

suami bunga citra lestari meninggal
Cegah serangan jantung saat terbang-usatoday.com

Duduk dalam waktu yang lama tanpa bergerak bisa berisiko menyebabkan penyumbatan darah pada kaki. Tapi bagi penderita penyakit jantung, khususnya Peripheral Artery Disease, resiko penyumbatan ini akan semakin besar.

Karena hal tersebut, penderita PAD harus berjalan-jalan jika memungkinkan. Pastikan saja kamu melakukannya saat lampu sabuk pengaman tidak menyala. Selain itu, penderita penyakit jantung juga membutuhkan asupan oksigen tambahan.

Karenanya, disarankan agar pengidap penyakit jantung untuk memberitahukan kondisinya sebelum berangkat. Konsultasikan juga perjalanan tersebut sebelumnya dengan dokter pribadi kamu agar persiapan pencegahan dapat dilakukan dengan baik.

ARTIKEL SELANJUTNYA:

Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.