Kesehatan Kuliner

Selain Bisa Dimakan, 5 Kulit Buah Ini Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu biasa membuang kulit buah yang akan kamu konsumsi? Tetapi, tahukah kamu bahwa tidak semua kulit tersebut berakhir menjadi sampah. Beberapa diantaranya bahkan bisa dimakan dan bermanfaat untuk kesehatan. Mau tahu jenis buah yang kulitnya bermanfaat untuk kesehatan sekaligus bisa dimakan? Berikut ini ada lima contoh buah dan kulit yang bisa kamu konsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu:

Pir

kulit buah pir bermanfaat untuk kesehatan
Image source: @pintertunde02

Lapisan terluar dari buah pir ternyata kaya akan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang berfisat oksidatif. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed. Penelitian tersebut mengungkap bahwa kulit buah pir mengandung polifenol enam kali lebih banyak dibandingkan dengan dagingnya. Selain itu, penelitian dari US Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa kandungan serat pada bagian luar pir juga dapat mengatasi masalah pencernaan.

Apel

Image source: @sylwia_bab

Dilansir dari jurnal Nutrients yang terbit tahun 2015, bukan hanya daging buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan, tapi kulitnya juga. Bila dimakan bersama kulitnya, buah apel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kulit buah apel memiliki sejenis antioksidan yang disebut flavonoid epicatechin. Jenis antioksidan ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung, tapi juga menurunkan tekanan darah.

Anggur

Image source: @stellabellawines

Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkap bahwa kandungan antioksidan tertinggi dari buah anggur terdapat pada bagian biji dan kulitnya. Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara utuh alias dikonsumsi bersama kulit buah dan bijinya sehingga manfaatnya pun akan lebih terasa.

Jeruk

Image source: @bekhanghi

Satu lagi kulit buah yang ternyata bermanfaat bagi kesehatan dan bisa dikonsumsi. Sama halnya seperti apel, kulit jeruk memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan kandungannya 20 kali lebih besar dibandingkan dengan mengonsumsi daging buahnya saja. Tetapi, ingat ya, kamu sebaiknya memasak atau memarut kulitnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Ceri

Image source: @gianluca_corona_artist

Kulit buah ceri ternyata kaya akan kalium dan vitamin C. Hal ini diungkap dalam beberapa jurnal yang diterbitkan di PubMed. Dua kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem imun dan menurunkan tekanan darah tinggi serta melindungi otot tubuh dari kram.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.