Kuliner

Sashibi: Sashimi ala Bitung yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner Nusantara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau mendengar kata sashimi, kamu pasti ingat hidangan laut asal Jepang yang berbahan dasar ikan mentah. Tetapi, tahukah kamu bahwa Indonesia juga memiliki hidangan yang mirip seperti hidangan khas Negara Matahari Terbit tersebut? Dikenal dengan sashibi, kuliner tersebut populer di Bitung, wilayah pesisir timur semenanjung Sulawesi.

Bitung sendiri dikenal dengan kekayaan baharinya. Tak heran bila di wilayah tersebut banyak kuliner berbahan dasar hasil laut seperti sashibi alias sashimi Bitung. Bahkan, kota yang dikenal dengan Selat Lambeh ini memiliki banyak pabrik pengolahan hasil laut di sepanjang pelabuhan kota. Hasil laut tersebut kemudian menjadi kebutuhan yang dipasarkan di dalam maupun luar negeri.

Sashibi, Sashimi Cita Rasa Nusantara

sashimi asal bitung, sashibi
Image source: @colorfulbitung

Banyak nelayan dari berbagai wilayah seperti Maluku, Talaud, Tonsea, dan Minahasa menjaring tangkapan di kawasan laut Bitung. Hal ini dikarenakan kekayaan baharinya yang menjadi salah satu hasil utama di wilayah tersebut. Di perairan Bitung banyak jenis ikan yang bisa ditangkap oleh nelayan nusantara, contohnya ikan tuna.  Kota ini pun dikenal sebagai penghasil ikan tuna terbesar di tanah air lho! Nah, ikan inilah yang menjadi bahan dasar dari sashibi, sashimi Bitung yang mulai dikenal oleh para pecinta kuliner tanah air.

Sashibi merupakan kuliner nusantara yang terinspirasi dari sashimi khas Jepang. Tentu saja, sashibi memiliki ciri khas yang membedakannya dengan hidangan laut tersebut yang biasa disajikan bersama wasabi, acar jahe, dan shoyu (kecap asin khas Jepang). Nah, kalau sashibi merupakan hidangan laut berupa irisan daging tuna segar yang disajikan mentah bersama saus kental hitam. Saus itulah yang menjadi salah satu ciri khas dari sashibi yang membedakannya dengan kuliner laut khas Jepang yang juga populer di Indonesia.

Image source: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Berbeda dengan saus sashimi, saus sashibi terbuat dari kecap manis dan kecap asin yang dicampur dengan bawang merah, cengkeh, cabai rawit, laos, pala, dan daun mint. Yang tak kalah pentingnya yaitu menambahkan kacang tanah sangrai pada saus hitam sashibi. Oh ya, ada lagi satu keunikan dari kuliner laut khas Bitung ini, yaitu penambahan pisang atau singkong rebus hangat sebagai hidangan pendampingnya. Wah, benar-benar khas Indonesia sekali ya sashibi ini?

Asal Mula Sashibi

sashimi jepang
Image source: thespruceeats.com

Ditilik dari asal mula hidangan sashibi ini, konon para nelayan lokal lah yang menciptakan kuliner ini. Para nelayan tersebut bekerja untuk kapal penangkapan ikan Jepang sehingga mereka pun familiar dengan hidangan sashimi khas Jepang. Mereka kemudian meniru kebiasaan orang Jepang yang gemar menyantap ikan mentah bersama saus warna hitam. Itulah mengapa orang Bitung berhasil menciptakan sashibi, kuliner serupa dengan cita rasa nusantara yang tak kalah lezatnya dengan kuliner Jepang tersebut. Kalau kamu berkunjung ke Bitung dan penyuka kuliner laut, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi sashibi ya!

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.