Inspirasi Kesehatan

Saatnya Tambah Retinol ke Dalam Rangkaian Skincare Kamu!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Untuk kamu yang begitu concern terhadap skincare, tentu kamu akan familiar dengan satu ini, retinol. Zat ini biasanya sering terdapat pada skincare, dan dipercaya dapat memperlambat penuaan dini. Maka, untuk kamu yang sudah menginjak 25 tahun atau menjelang 30 tahun, disarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung retinol.

Sekilas Mengenai Retinol

Retinol adalah senyawa terkecil dari vitamin A yang berfungsi sebagai anti-penuaan. Molekul yang terdapat pada zat ini membantu pembaruan kulit, mengurangi garis halus, dan dark spots. Senyawa ini pun sebaiknya digunakan saat menginjak umur 25 atau 30 tahun karena di umur tersebut, produksi kolagen menurun dan regenerasi kulit pun kian melambat. Dari itu, retinol bekerja untuk merangsang produksi kolagen dan regenerasi kulit. Selain berfungsi sebagai anti-penuaan, senyawa ini pun berfungsi untuk mengatasi tumbuhnya jerawat, menjaga kelembapan kulit, dan menghilangkan kulit kasar.

Pemakaian Retinol Pada Skincare Routine

Jika kamu ingin mulai menggunakan retinol pada daily skincare routine kamu, sebaiknya kenali dulu senyawa satu ini. Pasalnya, senyawa ini hanya bisa digunakan pada malam hari. Manfaatnya akan terasa oleh kulit saat diaplikasikan pada malam hari setelah mencuci muka dengan cleanser. Zat ini pun akan berkurang manfaatnya jika terpapar sinar matahari. Namun, jika kamu tetap ingin menggunakannya pada siang hari, atau produk skincare kamu mengandung senyawa ini. Sebaiknya kamu lakukan layering dengan sunscreen di akhir.

Walau retinol punya segudang manfaat, namun saat penggunaannya kamu harus sabar ya. Pasalnya, hasil dari penggunaan senyawa ini di skincare routine kamu tidak akan terlihat secara instan. Kamu perlu konsisten menggunakannya setidaknya selama 3 bulan atau lebih. Selain itu, jangan gunakan setiap hari, kamu  bisa gunakan skincare ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Kalau kamu takut menggunakannya dalam dosis besar, kamu bisa kok mencoba dari dosis terkecil, yaitu sebesar 0,1% untuk melihat reaksi di kulit kamu. Terlebih aturan ini perlu dijalani oleh kamu yang memiliki kulit sensitif. Jika ternyata kulit kamu ‘berjodoh’ dengan retinol, kamu pun bisa menaikkan dosis atau konsentrasinya.

Berani untuk mencoba? Coba lihat kembali produk skincare routine kamu, apakah mengandung senyawa ajaib satu ini?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.