Event

Ramaikan Kembali Wakatobi di Festival Wakatobi Wave 2019

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sukses dengan Wakatobi Wave 2018 lalu. Kini Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara akan mengadakan kembali Wakatobi Wave 2019. Festival ini secara garis besar menghadirkan berbagai atraksi budaya bahari yang terdiri dari keempat pulau yang berada di kabupaten Wakatobi yaitu Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Tahun lalu, Wakatobi Wave 2018 sukses menampilkan berbagai tarian kolosal dengan 800 penari khas Wakatobi. Tarian yang ditampilkan diantaranya tari Lengko dari Pulau Wangiwangi, tari Lariangi dari Pulau Kaledupa, tari Sajo Moane dari Pulau Tomia, dan tari Balumpa dari Pulau Binongko. Beberapa tokoh adat pun tampil menawan dengan jubah adat Buton yang diikuti dengan peserta lainnya.

Suksesnya Wakatobi Wave 2018 membuat Kemenpar Sulawesi Tenggara berupaya agar festival tahunan ini dapat ditampilkan ke mancanegara.  Kementerian pariwisata pun berupaya membahas strategi promosi wisatawan mancanegara dengan menentukan pasar untuk Wakatobi.

Wakatobi Wave 2019 tahun ni akan diselenggarakan pada tanggal 11 hingga 13 November mendatang dan berlokasi di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Wakatobi sendiri adalah salah satu kabupaten di Kepulauan Sulawesi, dengan ibu kota kabupaten yang terletak di Wangiwangi. Kabupaten ini pun kaya akan sektor pariwisatanya – apalagi untuk yang cinta dengan wisata bahari – tidak akan mungkin melewatkan destinasi ini. Kabupaten ini pun kaya akan destinasi lainnya selain bahari. Sebut saja desa wisatanya dan hutan yang asri pun dapat ditemukan di sini.

Diperkuat oleh empat pulau lainnya yang berada di kabupaten ini. Diantaranya Pulau Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Salah satu destinasi penguat sektor pariwisatanya adalah Pantai Moli’s Sahatu, Panorama Puncak Waginopo, dan Pantai Sousu. Kemudian ada pula Hutan Mangrove di Pulau Kaledupa, dan tentunya masih banyak lagi sektor wisata yang dapat dikunjungi selagi Wakatobi Wave 2019. Bagi para pecinta diving, tentu jangan sampai ketinggalan event satu ini di bulan november.

Event Alternatif di Sulawesi Tenggara

Selain itu, kamu bisa menghadiri event lainnya yang berdekatan dengan event satu ini. Tepatnya di Pulau Buton, yakni Festival Keraton Kesultanan Buton pada tanggal 12 – 17 Oktober 2019. Festival satu ini pun merupakan annual event yang diadakan di Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Festival ini diadakan bertujuan untuk mengenalkan beragam kesenian, budaya, serta olah raga yang unggulkan di Sulawesi Tenggara.

Selain yang disebutkan di atas, Festival Keraton Kesultanan Buton menampilkan Suku Buton yang mengalami proses akulturasi dengan suku lainnya dan singgah di Kesultanan Buton. Acara ini pun dimeriahkan oleh pameran benda pusaka Kesultanan Buton, prosesi adat, berbagai lomba, pagelaran seni, dan produk unggulan dari berbagai daerah.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.