Kuliner

Ragam Cheesecake dari 6 Negara. Jangan Salah Bedakan Ya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa bilang cheesecake di setiap negara itu sama semua? Ternyata kue berbahan dasar keju ini memiliki ciri khas tersendiri tergantung dari negara asalnya. Mau tahu apa saja jenisnya? Yuk simak informasi selengkapnya di sini!

Jepang

japanese cheesecake
Image source: @autumntabibito

Jepang memiliki jenis cheesecake yang sempat viral di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dikenal sebagai Japanese cotton cake, tekstur kue ini berbeda dari kebanyakan jenis cake berbahan dasar keju lainnya. Japanese cotton cake lebih mirip seperti chiffon cake dengan tekstur yang berongga dan sangat lembut seperti kapas.  Di banding versi Eropa yang memiliki rasa keju yang dominan, versi Jepang lebih terasa aroma telur dan vanila-nya. Bentuknya pun jauh berbeda dengan kue krim keju kebanyakan.

image source: @myfoodiestory

Ada satu lagi tren kue keju yang dipopulerkan oleh Negara Matahari Terbit ini, yaitu cheesetart. Kue ini pertama kali diperkenalkan oleh CEO Pablo, Masamitsu Sakimoto. Karena cheesetart merupakan penggabungan cheesecake dan eggtart, tidak aneh bila kue ini memiliki krim keju lembut dengan pinggiran kue yang renyah seperti eggtart.

Prancis

Image source: @doyoucake

Dalam kue keju ala Prancis, bahan utama yang digunakan ialah keju Neufchatel. Ada juga tambahan meringue (putih telur yang dikocok hingga mengembang) untuk memberikan rasa yang ringan pada cheesecake ini. Sebagai pengikat bahan-bahan yang digunakan, gelatin ditambahkan sehingga tekstur kue ini lebih padat.

Italia

Image source: @cheesecakedude23

Biasanya keju yang digunakan dalam pembuatan kue ini adalah keju mascarpone atau ricotta yang dicampur dengan tepung roti, gula, serta vanili. Setelah selesai, kue diberikan topping sesuai selera. Dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya, cheesecake khas Italia memiliki tekstur kue yang lebih kering. Biasanya, warga Italia menyajikan kue ini saat ada perayaan besar atau disantap sebagai pendamping espresso.

Amerika Serikat

Image source: @backstuebchenblog

Nah yang satu ini dikenal dengan nama New York cheesecake dan paling terkenal di dunia. Bahkan kamu pun pasti familiar dengan bentuknya karena banyak diadaptasi di Indonesia. Memiliki percampuran tekstur yang padat tapi lembut, kue ini didominasi oleh krim keju dan krim asam. Awalnya kue keju ini tidak menggunakan bahan pelengkap apapun. Namun, seiring berjalannya waktu, kue ini banyak divariasikan dengan topping yang berbeda. Dasar kue-nya pun banyak yang menggunakan graham crackers.

Swedia

Image source: @msgottimatinn

Di Swedia, cheesecake dikenal dengan nama ostakaka atau ostekake. ‘Ost’ sendiri berarti kue dan ‘kaka’ berarti keju. Cara membuat ostakaka berbeda dengan kue keju lainnya. Pertama-tama susu segar dikentalkan dengan menggunakan enzim atau rennet. Bagian yang lebih padat kemudian diambil dan dipanggang sebelum bisa disantap.

Jerman

Image source: @baketotheroots

Käsekuchen adalah cheesecake khas Jerman yang menggunakan keju quark sebagai bahan utamanya. Di bagian bawahnya terdapat lapisan remah biskuit, sedangkan di bagian atas bisa buah-buahan atau kismis bisa menjadi pelengkap yang sempurna.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.