Destinasi Indonesia Maluku

Pulau Seram, Wisata Maluku yang Tenar Hingga Mancanegara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Seram adalah salah satu destinasi wisata Maluku yang terletak di Provinsi Maluku di sebelah utara Ambon. Tempat wisata di Maluku ini memiliki tiga kabupaten, yaitu Maluku Tengah, Seram Timur dan Seram Bagian Barat yang merupakan hasil pemekaran. Pulau yang luasnya hampir 4 kali lipat Pulau Ambon ini memiliki sebuah desa nelayan yang banyak dikunjungi wisatawan bernama Desa Sawai.

Pulau Seram

Pulau Seram, Wisata Maluku
Image source @sjarifletahiit

Nama “Seram” diberikan karena konon di pulau ini dulu hidup manusia yang memiliki sayap yang sering melakukan penculikan terhadap anak kecil. Orang-orang Maluku takut padanya sehingga akhirnya pulau itu disebut Pulau Seram. Meskipun namanya seram, tapi pulau ini memiliki wisata alam yang indah, udara yang segar serta pemandangan air laut yang jernih.

Desa Sawai

pulau seram
Image Source @Abdul Aziz

Salah satu destinasi wisata Maluku di Pulau Seram adalah Desa Sawai. Kabarnya desa ini adalah desa tertua di seluruh wilayah daratan Maluku. Penduduk desa ini umumnya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Cara memancing ikan penduduk ini unik, yaitu dengan menggunakan tombak khusus selain dengan cara dipancing. Cara khusus tersebut biasanya dilaksanakan pada malam hari.

Pantai Ora

wisata Maluku
Image Source @ahmad_hasanela

Tempat wisata di Maluku yang bagaikan surga dunia ini berada di Desa Sawah dan Saleman. Kecantikan destinasi wisata di Pulau Seram ini sudah sampai dikenal oleh dunia luar. Bayangkan, bangun tidur langsung melihat air laut biru sejernih kristal. Saking jernihnya, wisatawan bisa melihat langsung biota laut yang tinggal di dalam air. Siapapun pasti tergiur untuk datang ke Pantai Ora. Snorkeling dan diving adalah aktivitas favorit di sini.

Pulau Osi

tempat wisata di Maluku
Image source Flickr.com/utse

Meskipun ukurannya kecil, pulau yang berada di Pulau Seram ini juga memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu sehingga pemandangan kepulauan ini semakin ciamik. Seperti halnya Pantai Ora yang merupakan tempat wisata di Maluku yang sudah mendunia, Pulau Osi pun cocok dijadikan tempat untuk snorkeling. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang memukau.

Pulau Kassa

pulau seram
Image Source @dave_botero

Wisata Maluku memang sangat memesona, salah satunya adalah Pantai Kassa. Pulau ini belum dikenal banyak orang sehingga suasananya masih sepi, cocok bagi pengunjung yang mencari tempat untuk menyepi. Pulau ini memiliki pantai dengan laut yang jernih dan pasir putih bersih, tak lupa terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni yang juga menjadi penghuni pulau ini.

Pantai Kuako

wisata Maluku
Image Source @lozasj

Objek wisata lainnya di Pulau Seram adalah Pantai Kuako yang terletak di Tanjung Kuako. Pantai ini memiliki pemandangan yang masih alami dan suasana yang tenang. Pantai berbatu ini masih sepi pengunjung.

Pulau Latunai

Image Source @mymoondaudresort

Spot yang menarik untuk snorkeling di tempat wisata di Maluku adalah Pulau Latunai. Pulau yang unik ini disebut pasir sendiri karena tak memiliki pepohonan, hanya gundukan pasir berwarna putih. Keindahan terumbu karangnya tak boleh dilewatkan.

Pulau Marsegu

Image Source @hima.dipta

Selain Pulau Seram, wisata Maluku juga mempunyai Pulau Marsegu yang luasnya sekitar 240,2 Ha. Pulau ini adalah rumah untuk burung Maleo, Kepiting Kenari dan juga kelelawar. Tebing karang dan pasir putihnya menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi.

Baca juga Pulau Saparua, Mutiara Cantik di Maluku Tengah

Maluku yang terletak di Indonesia timur ini keindahan alamnya sudah terkenal hingga ke mancanegara. Provinsi ini menawarkan banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi para wisatawan. Pastinya kamu pun tertarik untuk ke sana, iya kan?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.