Destinasi Indonesia Maluku

Pulau Saparua, Mutiara Cantik di Maluku Tengah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Saparua merupakan ibu kota Provinsi Maluku yang sejarah yang panjang. Kamu pasti ingat dengan salah satu pahlawan nasional Indonesia dari pulau tersebut. Ya, benar, dia adalah Pattimura atau Thomas Matulessy. Beliau lahir di Haria yang berada di pulau yang menjadi destinasi wisata di Maluku Tengah.

Pulau Saparua, tempat wisata di Maluku Tengah
Pulau bersejarah di Maluku | Image Source @alexastar

Sejarah Pulau Saparua mencatat kehadiran negara-negara Eropa, seperti Belanda dan Portugis, para pedangan Arab juga yang terakhir bangsa Jepang. Benteng Duurstede adalah salah satu peninggalan bersejarah yang berhubungan dengan sejarah di Maluku Tengah.

Baca juga tips mencari promo tiket dan hotel untuk liburan

Pulau Saparua sebagai salah satu tempat wisata di Maluku Tengah menawarkan juga wisata alam yang indah selain tentunya wisata sejarah. Indonesia timur memang terkenal akan keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama wisata baharinya. Butuh info tentang wisata yang menarik di Maluku? Simak, ulasan berikut.

Bertandang ke Negeri Ouw

Pulau Saparua di Maluku Tengah
Negeri Ouw | Image Source @abesah1708

Di Pulau Saparua juga terdapat desa adat. Di sini ada 7 buah negeri atau desa adat dan salah satunya adalah Ouw. Sebagai desa adat, Negeri Ouw dipimpin oleh Raja. Kedudukannya tak beda dengan kepala desa. Desa adat Ouw terkenal sebagai penghasil gerabah juga tembikar dan merupakan satu-satunya di Kepulauan Maluku.

Negeri Ouw di Pulau Saparua
Pembuat gerabah di Ouw | Image Source @fabiolanastasia

Gerabah dari desa Ouw dikirim untuk dijual ke pulau lain, seperti Seram dan Ambon. Hebatnya lagi, gerabah hasil penduduk setempat juga digemari oleh para wisatawan mancanegara, seperti Swiss, Belanda, dan Inggris Raya. Kamu juga bisa mencoba membuat tembikar sendiri.

Tanjung Ouw

Tanjung Ouw di Maluku Tengah
Objek wisata di Ouw | Image Source @backpackmaluku

Selain gerabah, desa adat di Pulau Saparua ini juga terkenal dengan keindahan pantainya. Tak mengherankan karena negeri ini dikelilingi oleh laut. Destinasi yang terkenal adalah Tanjung Ouw. Orang yang mempopulerkan tempat ini adalah penyanyi legendaris Indonesia, Bob Tutupoli. Keindahan Tanjung Ouw yang merupakan tempat wisata di Maluku Tengah diabadikan oleh beliau dalam lagu yang berjudul sama “Tanjung Ouw”.

tempat wisata di Maluku Tengah
Olahraga air di Ouw | Image Source @irwantalla

Di sini kamu bisa menikmati keindahan karang  yang memanjang. Berenang? Tentu saja bisa. Lautnya yang bersih jernih pasti sangat mengundang. Usai berenang, kamu bisa menikmati semilir angin sambil bersandar di bawah pohon.

Benteng Duurstede

Benteng sejarah di Pulau Saparua
Bangunan buatan Portugis dan Belanda | Image Source @dianafikri07

Benteng Duurstede dibuat pada tahun 1676 oleh Portugis. Kemudian saat Belanda datang, direbut oleh Belanda dan dibuat ulang pada tahun 1691 oleh Mr. Nicolaas Schaghen, yang merupakan Gubernur Ambon. Pemberi nama benteng ini adalah sang gubernur sendiri. Duurstede adalah nama tempat kelahirannya di Belanda.

tempat wisata di Maluku Tengah
Image Source @tiaaramelinda

Tempat wisata di Maluku Utara menyimpan banyak kejutan cantik salah satunya adalah Pulau Saparua yang sayang untuk dilewatkan, bukan begitu?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.