Destinasi Indonesia Sulawesi

Pulau Mahoro, Tempat Wisata Eksotis di Sulawesi Utara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Mahoro salah satu tempat wisata di Sulawesi Utara ini pernah muncul di variety show Korea Selatan ternama “Law of the Jungle”. Para selebriti Korea ditantang untuk bisa bertahan hidup di pulau ini. Sulawesi memang terkenal dengan keindahan wisata baharinya, contohnya Bunaken, maka tak heran jika salah satu pulau terbesar di Indonesia ini masih menyimpan tempat-tempat yang memesona seperti Mahoro. Bagi kamu yang belum pernah ke sana dan penasaran dengan seluk-beluk pulau eksotis ini, simak ulasan dari Holamigo berikut ini.

Pulau Mahoro

pulau mahoro
Instagram @mr.kla_

Tempat wisata di Sulawesi Utara ini berada di Kabupaten Sitaro. Pulau Maharo dikelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil yang dikenal dengan nama Cluster Buhias. Pulau ini terletak di paling timur gugusan pulau-pulau kecil ini sehingga Maharo seakan menjadi benteng pelindung bagi pulau-pulau tersebut. Sebagian dari pulau-pulau ini tak memiliki penghuni termasuk juga Maharo.

tempat wisata sulawesi utara
Instagram @chelography

Pulau Maharo terbagi menjadi dua sisi. Sisi yang berhadapan langsung dengan laut bebas sehingga dinding batunya terkena hantaman ombak. Sisi yang lain airnya lebih tenang karena terpagari oleh hamparan pulau.

Goa di dekat Pulau

tempat wisata
Instagram @arkaprst

Sebagai tempat wisata di Sulawesi Utara, Pulau Mahoro masih memiliki objek menarik yang bisa di-explore. Salah satunya adalah goa sarang burung walet. Letaknya berada di sisi pulau. Sebagian dari goa tersebut terendam air. Terdapat karang bolong di ujung sisi pulau lainnya yang menantang untuk dijelajahi. Kalau mau mencoba masuk, pastikan kamu berhati-hati dengan hantaman ombaknya yang terkadang memberikan kejutan. Ketika air laut surut, akan muncul pasir putih. Di atasnya terdapat sarang burung walet juga banyak kelelawar yang lalu-lalang.

Spot Menarik untuk Diving dan Snorkeling

sulawesi utara
Instagram @soerya69099

Karena airnya yang putih jernih, kamu bisa langsung menyaksikan terumbu karang yang berada di bawah laut pada ke dalaman 1 meter. Letak terumbu karang ini sekitar 3 meter dari bibir pantai. Bagi penyuka snorkeling dan diving, Pulau Mahoro adalah tempat yang asyik untuk dijelajahi keindahan bawah lautnya. Tempat wisata di Sulawesi Utara ini memiliki biota laut yang tergolong lengkap dan langka, contohnya ikan purba. Ikan purba ini hidup bebas di daerah pulau yang didiami penduduk. Ada juga penyu yang merupakan biota langka lainnya. Penyu-penyu ini akan datang pada bulan purnama untuk bertelur di pantai ini. Maka tak heran tempat ini disebut sebagai surganya diving oleh beberapa master menyelam.

Tempat untuk Berenang dan Menikmati Sunrise dan Sunset

pulau Mahoro
Instagram @mamile_dani

Karena ombaknya yang tenang seperti kolam, berenang di sini jadi aman. Bahkan anak-anak pun bisa bermain di tepi pantai pasir putih dengan tenang tanpa takut terhempas ombak. Pulau Mahoro memiliki pemandangan Gunung Api Karangetang yang memiliki julukan The Real Volcano. Julukan itu disematkan karena gunung itu aktif sepanjang tahun. Pulau yang menjadi tempat wisata di Sulawesi Utara ini juga merupakan tempat yang asyik untuk menyaksikan sunrise dan sunset.

Baca juga:

Kunjungi Bunaken, Keindahan Bali Baru di Sulawesi Utara

Menikmati Sensasi Berada pada Zaman Purba di Kafe Puncak Maros

Menuju ke Pulau Mahoro

tempat wisata sulawesi utara
Instagram @mr.kla_

Pengunjung yang berminat untuk berlibur ke Mahoro, dapat berangkat dari Manado. Dari Pelabuhan Manado pengunjung bisa menggunakan kapal cepat menuju ke Pelabuhan Ulu Siau. Waktu tempunya kira-kira 4 jam. Perjalanan akan diteruskan lagi dari Pulau Siau menuju Pulau Mahoro dengan menggunakan speed boat. Lama perjalannya sekitar 15-45 menit jika laut tenang. Sebaliknya kalau laut sedang bergelombang, butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai di pulau ini.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.