Informasi

Petabencana.id, Solusi Untuk Waspada Bencana di Musim Rawan Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mungkin sebagian dari kamu mulai memerhatikan musim hujan sekarang semakin mengkhawatirkan. Terlebih kejadian longsor, angin kencang, banjir, serta bencana alam lainnya sudah sering terjadi beberapa waktu belakangan. Jangankan untuk liburan, untuk keselamatan diri dan sanak saudara pun menjadi mengkhawatirkan, bukan? Untuk itu, kini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan terobosan teranyar, untuk kamu yang tengah waspada bencana. Bekerjasama dengan Yayasan Peta Bencana, BNPB membuat platform baru yang dinamai petabencana.id.

Kepala BNPB, Doni Monardo mengatakan jika ini proyek kerjasama antara BNPB dengan Yayasan Peta Bencana. Selain berguna untuk melibatkan masyarakat dalam program ini, platform petabencana.id pun diluncurkan untuk mengenang mendiang Sutopo Purwo Nugroho yang dulunya sebagai Direktur Pengurangan Risiko Bencana.

Petabencana.id Diperuntukkan Untuk Semua Orang – Termasuk Pelancong

petabencana.id
instagram.com/petabencana

Petabencana.id ini tidak hanya diperuntukkan bagi para masyarakat yang tengah waspada bencana saja, lho! Platform yang dinaungi BNPB ini pun sangat bermanfaat bagi para pelancong yang memiliki peran dalam pemetaan bencana dan membantu sesama untuk menghindari bahaya, menolong, dan mengurangi resiko korban bencana. Petabencana.id ini bagi para pelancong pun dapat membantu jika ingin lebih waspada dengan segala kemungkinan saat merencanakan pelesir.

Petabencana.id sendiri diluncurkan sebagai inovasi untuk visualisasi kejadian bencana yang terjadi secara real-time serta sesuai lokasi yang dilaporkan. Sementara itu, informasi manajemen bencana yang dapat dilihat dari platform petabencana.id sendiri disampaikan secara langsung oleh masyarakat sekitar. Platform ini pun bisa diakses oleh siapa saja atau ditujukan untuk publik. Doni pun mengatakan, dengan adanya platform petabencana.id, masyarakat dapat sigap mengambil keputusan evakuasi dengan cepat tanpa perlu menunggu petugas.

Platform Satu ini Dapat Memantau Bencana Apapun

petabencana.id
instagram.com/petabencana

Bencana-bencana yang dapat diketahui publik pada platform satu ini di antaranya banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, kabut, asap, erupsi gunung, dan angin kencang. Peta yang ditampilkan pada petabencana.id pun terbilang akurat karena memiliki beberapa fitur. Beberapa fitu yang terlihat pun di antaranya data infrastruktur yang diintergrasikan dari social media channel, aplikasi lokal, jurnalisme badan pemerintahan, serta masyarakat sekitar.

Doni pun mengatakan jika Indonesia adalah negara yang rawan dan berpotensi bencana kapan saja. Informasi yang dilaporkan masyarakat di media sosial – khususnya di petabencana.id – akan sangat membantu mengurangi resiko korban bencana di Indonesia.

Jadi, bagaimana menurutmu tentang platform satu ini? Apakah cukup membantu Amigos untuk lebih waspada dan bisa menanggulangi bencana?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.