Inspirasi Kesehatan

Membakar Kalori Optimal Dengan Tidur Efektif

Pinterest LinkedIn Tumblr

Percaya atau tidak, pada saat kamu terlelap tidur tubuh aktif membakar kalori? Tubuh tidak sepenuhnya istirahat dan memerlukan kalori sebagai bahan bakarnya. Pasalnya tubuh bekerja selama 24 jam dan tubuh aktif memperbaiki sel, jaringan, detoksifikasi, dan memulihkan sistem kekebalan tubuh. Belum lagi, tubuh pun aktif memperbaharui sel-sel saraf serta jaringan otak saat terlelap tidur.

Melansir CNN Indonesia, Jumlah kalori yang dibakar pun berbeda, tergantung dari bobot tubuh dan lamanya tidur setiap individu. Sebut saja orang yang memiliki bobot sekitar 68 kg akan membakar 63 kalori per jam dengan total sekitar 504 kalori jika tidur 8 jam. Maka tidak heran, jika ada yang mengatakan seseorang beresiko bobot tubuh bertambah. Saat orang tersebut kurang tidur baik dari segi kualitas hingga kuantitas. Hal tersebut diungkapkan oleh Michael Breus saat memaparkan tentang kebiasaan tidur dalam Insider.

Tubuh akan membakar kalori optimal saat seseorang sedang tidur di tahap REM (rapid eye movement). Yaitu fase tidur dimana seseorang tidur pulas saat otot dalam keadaan rileks namun otak tetap bekerja aktif hingga menimbulkan kecenderungan bermimpi. Saat tubuh mengalami REM, metabolisme glukosa meningkat dan proses pembakaran kalori maksimal.

Selain itu, kuantitas tidur pun dapat mengoptimalkan pembakaran kalori. Breus mengatakan, semakin lama seseorang terlelap tidur, semakin banyak pula tidur REM yang didapatkan. Sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

Agar mendapatkan tidur kualitas REM, ini yang bisa kamu upayakan agar kualitas tidur dan membakar kalori maksimal.

Jangan Makan Dalam Porsi Besar Dekat Jam Tidur

Hindari Makan Malam Sebelum Tidur (pixabay.com)

Breus mengungkapkan jika otak mengeluarkan hormon pertumbuhan saat seseorang sedang tidur nyenyak. Maka, saat kamu tidur dalam keadaan makanan belum sepenuhnya tercerna, hormon pertumbuhan pun mendorong tubuh agar menyimpan makanan sebagai lemak. Jadi, usahakan jangan makan dalam porsi besar sebelum jam tidur, agar makanan yang kamu cerna dapat berubah menjadi bahan bakar kalori dalam tubuh.

Tiga Jam Sebelum Tidur, Hindari Minum Alkohol

Hindari Minum Alkohol Agar Tidur Efektif (pixabay.com)

Untuk mencapai kualitas tidur REM, sebaiknya hindari minum alkohol sebelum tidur. Karena pada saat seseorang meminum alkohol sebelum tidur, tubuh akan kesulitan tidur pulas dan pembakaran lemak pun tidak maksimal.

Hindari Pula Berolah Raga Empat Jam Sebelum Tidur

Hindari Olahraga Sebelum Tidur (pixabay.com)

Olahraga memang andalan setiap orang untuk membakar kalori. Namun, bukan berarti kamu bisa berolahraga dekat jam tidur. Tepatnya empat jam sebelum waktu tidur. Pasalnya, berolah raga sebelum tidur dapat memicu suhu badan menjadi tinggi dan kamu pun akan sulit tidur nyenyak.

Sebaiknya Tidur Dengan Pakaian Minim atau Tanpa Pakaian

Tidur Optimal Dengan Pakaian Minim atau Tidak Mengenakan Pakaian (pixabay.com)

Tidak sedikit orang memiliki kebiasaan tidur tanpa pakaian. Namun siapa sangka ini adalah kebiasaan baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Karena tidur dengan pakaian minim bahkan tanpa pakaian sama sekali membuat tubuh menjadi dingin dan kondisi tubuh akan terstimulasi untuk menyesuaikan suhu pada tubuh dengan ruangan. Kondisi tubuh seperti ini membuat pembakaran kalori sempurna.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.