Informasi

Paspor Indonesia Kini Bikin Kamu Bebas Visa di Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Beberapa hari lalu diberitakan jika Indonesia masuk dalam daftar paspor terkuat di dunia oleh Henley Passport Index. Daftar tersebut tersusun berdasarkan seberapa banyak paspor masing-masing negara dapat diakses negara lainnya bebas visa. Daftar yang dirilis per 7 Januari 2020, posisi paspor Indonesia berada di posisi 72. Posisi ini tentu satu peringkat lebih baik daripada index paspor dari Henley sebelumnya.

Dengan daftar tersebut bisa disimpulkan jika pemegang paspor Indonesia kini memiliki akses ke 71 negara di dunia bebas visa. Hal tersebut sudah termasuk baik Visa on Arrival serta Electronic Travel Authoritation.

71 Negara Tersebut Sudah Meliputi 2 Negara di Eropa

Paspor Indonesia kian menguat
Paspor Indonesia menguat di peringkat 72 – unsplash.com

Jika biasanya paspor Indonesia sulit masuk ke negara-negara Eropa, untuk sekarang paspor Indonesia bebas visa di dua negara. Walaupun 2 negara ini memang tidak sebegitu populer layaknya destinasi wisata lainnya seperti Inggris, Perancis, Belanda, dan masih banyak lagi. Bukan berarti kamu tidak menutup kemungkinan untuk suatu saat berkunjung ke negara ini dengan paspor kamu kan?

Belarusia dan Serbia, kedua negara bebas visa untuk paspor Indonesia ini memang tidak populer bagi pelancong Indonesia. Kedua negara yang berada di Eropa Timur ini sebenarnya sudah lama dinyatakan bebas visa bagi paspor Indonesia. Serbia memberlakukan bebas visa sejak 14 Oktober 2017, sementara Belarusia dinyatakan bebas visa sejak 28 Juli 2018.

Destinasi Wisata Negara Bebas Visa yang Bisa Dikunjungi

Memang Belarusia dan Serbia bukan destinasi populer yang sering dikunjungi pelancong Indonesia. Jauh populer dengan destinasi Eropa lainnya. Tapi jangan salah, baik Serbia maupun Belarusia, memiliki daya tarik wisata unik. Terlebih bagi kamu yang senang mengapresiasi bangunan bersejarah nan megah. Kalau paspor Indonesia bisa menggiring kamu ke kedua negara ini, kamu bisa manfaatkan kedua negara bebas visa ini untuk pelesir dengan suasana berbeda dari biasanya.

Belarusia

Kota Minsk di Negara Bebas Visa Belarusia
Minsk, Ibu Kota Belarusia – pixabay.com

Negara bebas visa pertama adalah Belarusia. Destinasi wisata ini memiliki daya tarik khas dari bangunan menarik seperti kastil-kastil cantik serta bersejarah. Bangunan tersebut peninggalan sejak abad ke-17 hingga abad ke-19. Kompleks Mir Castle adalah salah satu destinasi wisata kastil yang bisa kamu kunjungi. Ada pula destinasi lainnya seperti Nesvizh Radziwiłł Castle, Belarusian National Arts Museum, Gomel Palace, dan masih banyak lagi. Destinasi berikut akan menyuguhkan pemandangan dari arsitektur megah khas Eropa tempo dulu.

Tak hanya menyuguhkan gedung megah dengan nilai sejarah tinggi, ibu kota Belarusia – Minsk pun menyimpan keunikan. Tak lain tak bukan, kota ini adalah pusat hiburan kasino terbesar di Eropa. Wajar saja banyak yang menyempatkan diri ke Minsk untuk mencari peruntungan di sini. Kota Minsk sendiri sudah lama dikenal sebagai Las Vegas di Tanah Eropa.

Serbia

Museum Nikola Tesla di Negara Bebas Visa Serbia
Museum Nikola Tesla di Serbia – piqsels.com

Tidak kalah dengan Belarusia, Serbia – negara kedua bebas visa – ini pun menyimpan segudang destinasi yang tak kalah menarik. Negara ini pun menyimpan banyak banyak bangunan peninggalan sejarah. Sebut saja bangunan peninggalan era Romawi, Byzantine, Ottoman, bahkan bangunan peninggalan era komunis.

Bagi kamu yang melek dengan bidang sains atau suka berwisata sambil belajar. Jangan sampai kamu tidak mengunjungi tanah kelahiran Tesla ini. Karena di negara kelahiran penemu sumber listrik non kabel ini memiliki satu destinasi yang memamerkan berbagai karya peninggalan mendiang Nikola Tesla. Dengan berkunjung ke Museum Tesla di Serbia, kamu bisa bisa memperdalam pengetahuan tentang ilmu fisika. Pasalnya, semua literatur, foto, hasil karya Tesla semua dipamerkan.

Jika kamu ingin berwisata halal di Serbia, tidak perlu risau. Karena kamu bisa mengunjungi Sandzak, karena kota ini dihuni oleh mayoritas Muslim Serbia dan Muslim Bosnia. Tidak hanya kota ini saja, kamu juga bisa mengunjungi Novi Pazar, karena di sana pun kamu akan bertemu dengan penduduk Muslim Serbia. Dengan begitu, kamu tidak lagi pusing mencari makanan halal, tempat ibadah, dan lainnya.

Bagi kamu yang sudah sedia paspor untuk liburan, mau berkunjung ke negara bebas visa? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang paspor Indonesia serta negara bebas visa, bisa lihat di sini.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.