Destinasi Indonesia Maluku

Pantai Ngurtafur, Tempat Wisata di Maluku yang Extraordinary

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat Wisata di Maluku memang terkenal memiliki keindahan alam khas Indonesia timur. Destinasi liburan di pulau tersebut didominasi oleh objek rekreasi bahari. Pulau yang juga disebut Moluccas ini memiliki stok pulau-pulau eksostis dan pantai-pantai breathtaking yang melimpah. Para wisatawan dalam negeri pun mulai melirik destinasi liburan di bagian timur ini meski aksesnya tak semudah tempat-tempat pariwisata di Bali atau Lombok.

Pantai Ngurtafur merupakan tempat wisata di Maluku yang masih belum banyak diketahui para pencinta wisata bahari di Indonesia. Padahal pulau ini memiliki keunikan yang luar biasa. Jika kamu berjalan di pantai berpasir putih ini akan serasa berjalan membelah laut biru. Mengapa sepert itu? Penasaran?

Pantai Pasir Timbul

Pantai Ngurtafur, Tempat Wisata di Maluku
Pantai pasir putih | Image Source @ilhamarch

Tempat wisata di Maluku yang tepatnya berada di Pulau Warbal dan termasuk ke dalam Kecamatan Kei Kecil Barat ini sering disebut sebagai Pantai Pasir Timbul atau juga Pulau Gosong. Tempat wisata di Maluku ini bukan sebuah destinasi wisata kebanyakan. Pantai berpasir putih bersih ini  tak memiliki pohon. Yang ada hanya pasir dan air laut. Daya tarik utamanya, yaitu pantai yang membentang meliuk-liuk membelah laut sepanjang 2 km dengan lebar kira-kira 7 meter. Jarang kan kamu bisa berjalan di atas pantai yang membelah laut? Hanya di sini Pantai Ngurtafur kamu bisa melakukannya.

Berenang dan Snorkeling

Berenang di Pantai Ngurtafur, tempat wisata di Maluku
Berenang di Pantai Ngurtafur | Image Source @silfesterrettob

Selain jalan-jalan di atas pasir putih, kamu juga bisa berenang snorkeling di tempat wisata di Maluku ini. Jangan lewatkan untuk menyaksikan terumbu karang dan ikan yang berenang lincah dengan warna-warni yang beragam.

Bertemu Tabob

Penyu Belimbing di Pantai Ngurtafur
Tabob | Image Source @pace_combrofe

Kalau beruntung, saat berkunjung ke Pantai Ngurtafur Maluku Tenggara, kamu bisa melihat sekelompok ‘Tabob’ alias Penyu Belimbing. Penyu ini merupakan penyu tertua yang hidup di pantai tersebut. Karena penyu-penyu tersebut maka dibangunlah penangkaran penyu belimbing. Pengelolanya adalah World Wide Fund for Nature atau WWFN.

Menyaksikan Burung Pelikan

Menonton burung Pelikan di tempat wista di Maluku
Burung Pelikan | Image Source @triphemat

Selain bertemu penyu, kamu juga bisa menyaksikan sekumpulan burung Pelikan jenis Australia Pelican. Mereka akan muncul di Pantai Ngurtafur saat musim migrasi. Hewan ini berpindah tempat dari Australia dan Papua Nugini menuju Wallacea. Dalam perjalannya, mereka akan melewati NTT, Lombok, NTB dan Maluku.

Baca juga tentang manfaat liburan ke pantai bagi kesehatan

Waktu Berkunjung

Jika berencana berkunjung ke objek wisata di Maluku ini, datanglah pada bulan April – Mei juga Oktober – Desember. Kalau ingin snorkeling, datanglah di bulan Mei atau Oktober. Oh iya, di sini tak ada yang warung atau semacamnya, bawalah bekal agar tak kelaparan.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.